Bisnis  

Masih Mahal lalu Langka, otoritas Justru Kerek Naik HET Beras Premium Jelang Puasa

Masih Mahal lalu Langka, otoritas Justru Kerek Naik HET Beras Premium Jelang Puasa

Infocakrawala.com – Menjelang satu hari datangnya bulan puasa, pemerintah pada hal ini Badan Pangan Nasional (Bapanas) secara resmi meningkatkan Harga Eceran Tertinggi (HET) beras premium untuk sementara waktu, mulai dari 10 Maret hingga 23 Maret 2024.

Mengutip keterangan resmi Bapanas pada Awal Minggu (11/3/2024) Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi mengungkapkan HET beras premium naik Rp1.000 per kilogram (kg) dari aturan sebelumnya.

Alhasil, beberapa jumlah nilai tukar beras premium segera mengalami kenaikan disejumlah area seperti wilayah Jawa, Lampung, kemudian Sumatera Selatan, HET beras premium naik jadi Rp14.900 per kg dari Rp13.900 per kg.

Kemudian untuk Aceh, Sumatera Utara, Sumatra Barat, Bengkulu, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, dan juga Kepulauan Bangka Belitung, HET beras premium naik dari Rp14.400 per kg ke Rp15.400 per kg.

Lalu, HET beras premium di dalam Bali, Nusa Tenggara, serta Kalimantan, naik ke Rp15.400 per kg dari Rp14.400 per kg. Sementara untuk wilayah Maluku lalu Papua, penyesuaian HET beras premium menjadi Rp15.800 per kg daripada HET sebelumnya Rp14.800 per kg.

Arief menjelaskan kenaikan HET beras premium ini untuk mencermati kondisi ketersediaan, pasokan, kemudian biaya beras premium di area lingkungan ekonomi tradisional maupun retail modern.

“Menjadi perlu adanya suatu upaya agar terus dapat menjaga stabilitas pasokan lalu nilai beras premium di dalam tingkat konsumen melalui relaksasi HET beras premium,” kata Arief.

Arief menyatakan penyesuaian HET beras premium belaka berlaku sementara hingga 23 Maret. Setelah itu, nilai tukar beras premium kembali mengikuti HET sesuai Peraturan Badan Pangan Nasional (Perbadan) Nomor 7 Tahun 2023.

“Ini dilaksanakan agar rakyat sanggup lebih tinggi nyaman di menjalankan ibadah dalam bulan puasa kemudian tak kesulitan memperoleh akses pembelian beras pada pasar,” kata Arief.

“Nanti di dalam minggu keempat, kita meyakini pasokan serta ketersediaan beras akan semakin bertambah dengan adanya panen padi,” lanjutnya.

Terkait pengawasan terhadap implementasi relaksasi HET beras premium ini, sambungnya, Bapanas akan mengikutsertakan Satgas Pangan Polri. Pengawasan akan dijalankan secara berkala baik ke bursa tradisional maupun retail modern.