Bisnis  

The Body Shop Bangkrut Gara-gara Inflasi Makin Tak Terkendali

The Body Shop Bangkrut Gara-gara Inflasi Makin Tak Terkendali

Infocakrawala.com – The Body Shop, merek kecantikan terkenal, dilaporkan mengajukan kebangkrutan pasca menghentikan operasionalnya di dalam Amerika Serikat serta berencana melakukan penutupan beberapa toko lainnya di dalam Kanada.

Perusahaan kosmetik yang tersebut berbasis di tempat Inggris itu mengumumkan bahwa anak perusahaannya di dalam Negeri Paman Sam sudah pernah mengajukan kebangkrutan serta berhenti beroperasi sejak 1 Maret lalu. Dalam informasi resminya, kondisi ini terjadi lantaran tingginya tingkat naiknya harga pada beberapa tahun terakhir.

Sementara itu, pada Kanada, perusahaan menyatakan akan menghentikan 33 dari total 105 tokonya. The Body Shop juga mengumumkan rencana untuk menghentikan pemasaran online melalui sistem e-commerce, meskipun toko-toko yang digunakan tidak ada ditutup di area negara itu akan tetap memperlihatkan beroperasi untuk ketika ini.

Di luar itu, sebelum menangguhkan seluruh tokonya dalam Amerika Serikat lalu puluhan toko lain pada Kanada, sebelumnya The Body Shop juga sudah pernah menghentikan hampir setengah dari 198 tokonya di dalam Inggris.

Dikutip dari AP News, penutupan toko di area Inggris ini dilaksanakan sebagai upaya restrukturisasi perusahaan. Di mana pada waktu itu brand kosmetik yang disebutkan sempat mempekerjakan sekitar 2.200 orang di area Britania Raya, termasuk 750 staf pada kantor pusatnya.

The Body Shop merupakan brand kecantikan yang dimaksud didirikan pada 1976 di area Inggris oleh aktivis hak asasi manusia lalu aktivis lingkungan hidup Anita Roddick. Hal ini adalah salah satu perusahaan pertama yang tersebut melarang pengujian pada hewan untuk berbagai produknya.

Pada tahun 2019, perusahaan ini mendapatkan sertifikasi sebagai “B Corp,” sebuah sebutan yang digunakan diberikan untuk perusahaan yang dimaksud memenuhi standar transparansi juga kesadaran lingkungan.

Pada tahun 2023, perusahaan yang dimaksud sukses memperluas jaringan ritelnya dengan lebih besar dari 2.500 lokasi di area lebih lanjut dari 80 negara. Brand ini juga telah lama tersedia untuk dibeli secara daring di tempat lebih tinggi dari 60 pasar.

Sejak didirikan, The Body Shop telah dilakukan mengalami beberapa kali pergantian kepemilikan. Merek ini sempat diakuisisi oleh perusahaan kosmetik besar, L’Oréal, pada tahun 2006 dengan tarif lebih tinggi dari satu miliar dolar, sebelum kemudian dijual ke perusahaan Brasil, Natura, pada tahun 2017 dengan nilai tukar yang dimaksud sama.