Tak Banyak Orang Tua Tahu, Saluran Cerna Seimbang Ternyata Pengaruhi Perkembangan Sosial-Emosional Anak

Tak Banyak Orang Tua Tahu, Saluran Cerna Seimbang Ternyata Pengaruhi Perkembangan Sosial-Emosional Anak

Infocakrawala.com – Orang tua perlu memahami pentingnya kondisi tubuh saluran cerna anak sebagai fondasi bagi berkembang kembang optimal.  Sebab, saluran cerna merupakan organ kompleks dengan tambahan dari 70% komponen sel daya tahan tubuh kemudian 100-500 jt sel saraf yang mana memengaruhi sistem saraf serta mood.

Seperti diketahui pembentukan kemudian perkembangan sistem saluran cerna mempengaruhi kemampuan fisik juga suasana hati anak.

“Menjaga kebugaran saluran cerna si kecil dapat menjadi landasan kemampuan fisik anak secara keseluruhan di tempat masa mendatang. Oleh lantaran itu, penting bagi Bunda untuk menjaga kondisi tubuh saluran cerna si kecil dimulai dari masa pembentukan serta perkembangannya,” ujar Dokter Muzal Kadim, Sp.A(K). 

Tumbuh kembang anak. (Dok. Istimewa)
Tumbuh kembang anak. (Dok. Istimewa)

Ia menjelaskan, Nutrisi seimbang juga prebiotik diperlukan untuk menjaga keseimbangan bakteri baik di usus anak. Diperlukan juga nutrisi seperti DHA, AA, dan juga ALA/LA untuk perkembangan otak anak.

Perhatian terhadap kondisi tubuh saluran cerna anak juga berdampak pada perkembangan sosial emosional. Dokter Rini Sekartini, Sp.A(K) memacu orang tua untuk menggalang perkembangan kognitif lalu sosial emosional anak sejak dini.

“Perkembangan sosial serta emosional anak biasanya masih seringkali diabaikan oleh orang tua, guru, juga pengasuh lainnya. Orang tua juga guru harus paham bahwa anak-anak dengan perkembangan emosi yang digunakan sehat adalah mereka yang dimaksud dapat mengekspresikan diri dengan cara yang tersebut positif. Sebab, perkembangan sosial kemudian emosional pada anak usia dini adalah bagaimana mereka mampu mengatur dan juga mengekspresikan berbagai emosi, baik itu positif maupun negatif.”

Oleh sebab itu, di rangka memperingati Social Emotional Learning Day, PT Nutricia Indonesia Sejahtera (Nutricia) melalui wadah digital Bebeclub meminta semua pihak khususnya orang tua untuk bersama-sama mengupayakan perkembangan sosial emosional anak agar bisa saja bertambah menjadi Anak Hebat.

Mereka menghadirkan orang tua lalu tenaga pengajar untuk menggalang perkembangan sosial emosional anak. Mereka menyediakan buku cerita digital interaktif Bebestory untuk mengajarkan anak tentang kebaikan juga emosi.

“Kami terus berazam untuk hadir menyediakan nutrisi yang digunakan baik untuk si Kecil untuk terus memperkuat Ibu di memberikan nutrisi juga stimulasi tepat agar si kecil. Salah satunya dengan menghadirkan item bernutrisi yang dimaksud dilengkapi asam lemak rantai panjang Triple A (DHA, AA, ALA/LA) untuk perkembangan otak juga mengandung prebiotik FOS:GOS dengan prosentase yang mana tepat 1:9, terbukti klinis lalu teruji optimalkan kebugaran saluran cerna,” ujar Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK., Medical & Scientific Affairs Director Danone Indonesia.