Bisnis  

Perusahaan Negeri Sakura di tempat Indonesia Serap 10.000 Pekerja Magang dalam 2023

Organisasi Negeri Sakura di tempat tempat Indonesia Serap 10.000 Pekerja Magang pada 2023

Infocakrawala.com – JAKARTA – Komite Studi Penguraian Narasumber Daya Orang Ibukota Indonesia Japan Club (JJC) melaporkan, sepanjang 2023, perusahaan-perusahaan Jepun di area Indonesia telah lama menerima ribuan tenaga kerja magang baik dari mahasiswa, hingga siswa sekolah menengah.

Koordinator Komite Studi Pengembangunan SDM JJC Akihisa Matsuda mengatakan, sepanjang 2023 perusahaan Negeri Matahari Terbit anggota JJC pada Indonesia tercatat menerima kurang lebih lanjut 10.000 pekerja magang dari sekitar 1.600 perusahaan jepang yang tersebut ada di tempat Indonesia.

“Hasilnya, sekitar 1.600 perusahaan Negeri Matahari Terbit di area Indonesia menerima 7.400-7.500 pemagang untuk pencari kerja dan juga 3.600-3.700 pemagang dari siswa sekolah menengah kemudian universitas,” jelas Matsuda, di keterangan tertulisnya, Hari Jumat (15/3/2024).

Ia mengungkapkan, pada Indonesia perusahaan Negeri Matahari Terbit berkontribusi pada bursa tenaga kerja Indonesia secara keseluruhan, tidak ada hanya saja mengembangkan sumber daya manusia untuk karyawan dia sendiri, tetapi dengan memanfaatkan sistem magang untuk pencari kerja dan juga magang yang tersebut memberikan pengalaman kerja untuk pelajar serta siswa sekolah menengah.

Komite Studi Pembangunan SDM JCC berharap laporan ini akan berkontribusi pada diseminasi praktik baik pada pengembangan sumber daya manusia di tempat antara anggota JJC, menginspirasi pemerintah Indonesia serta Negeri Matahari Terbit untuk mewujudkan lingkungan perusahaan yang dimaksud lebih banyak baik, juga turut membantu menguatkan hubungan antar kedua negara.

Pada tahun ini, laporan melibatkan 259 perusahaan Negeri Sakura sebagai responden, dalam mana sebanyak 201 perusahaan adalah anggota JCC. Kemudian, ada sebanyak 1.569 perusahaan yang dimaksud ekspansi ke Indonesia.