Kenapa pada waktu Buka Puasa Perut Terasa Kilat Kenyang? Waspadai Asam Lambung

Kenapa pada waktu Buka Puasa Perut Terasa Kilat Kenyang? Waspadai Asam Lambung

Infocakrawala.com – JAKARTA – Kenapa pada waktu mengungkap puasa perut terasa cepat kenyang? Ya, berbuka adalah salah satu momen ternikmat bagi umat Muslim usai berpuasa sehari penuh.

Namun, sadar atau tidak, terkadang Anda kerap merasa sangat cepat kenyang ketika berbuka puasa . Alih-alih ingin menyantap berbagai makanan, perut Anda justru telah merasa kenyang duluan.

Ternyata, ada alasan mengapa kondisi yang disebutkan bisa saja terjadi. Kenapa ya? Berikut penjelasannya, dilansir dari berbagai sumber, Kamis, (14/3/2024).

Sebenarnya, perut yang digunakan cepat kenyang pada waktu berbuka puasa merupakan kondisi yang mana lumrah terjadi, khususnya pada minggu awal puasa.

Pasalnya, ini disebabkan oleh proses adaptasi tubuh yang dimaksud semula rutin mendapatkan makanan, sekarang ini harus dibiarkan kosong selama hampir 14 jam hingga waktu berbuka tiba.

Saat berbuka puasa, kondisi perut kerap cepat kenyang dikarenakan proses adaptasi dari sistem cerna yang tersebut tadinya kosong kemudian mendadak diisi.

Itulah alasan mengap pada waktu berbuka puasa Anda disarankan untuk makan pelan-pelan dan juga secara bertahap.

Karena harus melakukan proses adaptasi ini, tubuh lantas menjadi stres, sehingga sistem saraf yang mana bekerja dominan adalah saraf simpatik.

Hasilnya, makanan yang digunakan dikonsumsi setelahnya berbuka tetap saja tertahan selama beberapa menit sebelum masuk ke usus untuk diserap juga dicerna tubuh.