4 Alasan Tidak Boleh Minum Teh pada waktu Sahur, Bikin Asam Lambung Naik

4 Alasan Tidak Boleh Minum Teh pada waktu Sahur, Bikin Asam Lambung Naik

Infocakrawala.com – JAKARTA – Sebagian orang memilih konsumsi teh ketika sahur lantaran dipercaya bisa jadi memberikan energi untuk menjalankan puasa sepanjang hari. Sayangnya, kebiasaan ini tidak ada dianjurkan dari segi kesehatan.

Ada beberapa alasan mengapa disarankan untuk menghindari minum teh ketika sahur lantaran bisa jadi menyebabkan beberapa jumlah efek samping. Disarankan memilih minuman yang tersebut lebih lanjut menghidrasi seperti air putih atau jus buah untuk membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh selama berpuasa.

Jika Anda tetap memperlihatkan ingin minum teh, pastikan untuk membatasi konsumsi kafein juga memilih teh herbal yang tidaklah mengandung kafein pada waktu sahur. Selalu konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi jikalau Anda mempunyai kegelisahan atau kondisi kebugaran tertentu.

Alasan Tidak Boleh Minum Teh pada waktu Sahur

Berikut alasan tidaklah boleh minum teh pada waktu sahur dilansir dari Health Line, Hari Sabtu (16/3/2024).

1. Efek Diuretik

Teh mengandung kafein, yang merupakan zat diuretik yang tersebut dapat meningkatkan produksi urine juga menyebabkan dehidrasi. Minum teh pada waktu sahur dapat menyebabkan Anda lebih besar cepat merasa haus juga kekurangan cairan selama berpuasa.

2. Gangguan Pencernaan

Minum teh dengan perut kosong ketika sahur dapat menyebabkan gangguan pencernaan pada beberapa orang. Kafein pada teh dapat merangsang produksi asam lambung, yang dapat menyebabkan sensasi terbakar atau gangguan pencernaan lainnya.

3. Menurunkan Kadar Gula Darah

Kafein pada teh dapat mempercepat metabolisme juga menurunkan kadar gula darah. Hal ini dapat menyebabkan rasa lapar lebih lanjut cepat muncul selama berpuasa.

4. Kebutuhan Cairan

Saat sahur, tubuh membutuhkan asupan cairan yang mana cukup untuk menghindari dehidrasi selama puasa. Meminum teh, khususnya yang mengandung kafein, dapat menyebabkan kehilangan cairan tambahan cepat.