Penderita Asam Lambung Jangan Ragu Berpuasa Asal Patuhi Aturan Ini adalah

Penderita Asam Lambung Jangan Ragu Berpuasa Asal Patuhi Aturan Hal ini adalah

Infocakrawala.com – SURABAYA – Penderita penyakit asam lambung tak ada alasan untuk tak berpuasa. Mereka boleh berpuasa, apalagi puasa pada bulan Ramadan yang digunakan hukumnya wajib. Agar bisa jadi berpuasa dengan lancar, penderita asam lambung harus mematuhi beberapa aturan.

Menurut dokter dari RSI Surabaya Ahmad Yani (RSI AYani) dr. Wahida Muntaza, biasanya penderita asam lambung ada perasaan khawatir akan mengalami kekambuhan dalam berada dalam waktu berpuasa.

“Namun penderita harus mematuhi tiga pilar agar puasa bisa jadi berjalan lancar walau menderita asam lambung,” katanya.


Pilar pertama adalah wajib makan sahur, tak boleh ditinggalkan. Karena itu untuk menjaga agar tidaklah kambuh.

Kedua adalah makanannya. Saat sahur, kata dr. Wahida, hindari mengonsumsi lauk yang dimaksud terlalu berbumbu apalagi pedas. Karena itu mampu memicu asam lambung kambuh. Jika memungkinkan nasi jangan yang tersebut keras, tapi agak lunak.

“Bukan berarti bubur ya, tapi nasinya kalau bisa jadi yang agak lunak. Karena kehalusan makanan yang mana masuk ke lambung akan dengan lebih lanjut mudah dicerna,” terangnya.

Ketiga, ketika berbuka puasa harus tepat waktu. Saat memulai berbuka harus pada porsi yang digunakan kecil. Jangan dengan segera makanan berat agar lambung tiada kaget pasca selama 14 jam puasa.

“Makanan ringan dulu, baru pasca selesai salat maghrib makan. Makanannya harus yang tersebut lunak kemudian tiada memicu munculnya asam lambung,” tukasnya.


Dokter Wahida menambahkan, untuk oba-obatan juga harus berhati-hati. Apalagi obat lambung yang tersebut sejumlah dijual bebas. Namun, yang tersebut perlu diketahui, fungsi dari masing-masing obat itu berbeda. Ada yang untuk menetralkan asam dalam lambung, ada yang dimaksud untuk menghentikan produksi asam lambung, kemudian ada pula yang digunakan berfungsi sebagai dua-duanya.

“Jadi tetap memperlihatkan harus kontrol ke dokter agar obat yang dimaksud dikonsumsi itu pas sesuai dengan kondisi penyakitnya,” jelas dia.

Yang utama, kata dr. Wahida, penderita harus mengetahui kondisi tubuhnya. Ada makanan-makanan tertentu yang tersebut harus dihindari dikarenakan bisa jadi menyebabkan asam lambung meninggi.

“Terlalu pedas, asam, asin bahkan terlalu keras bisa saja menyebabkan asam lambung,” tandasnya.

Juga, penderita asam lambung harus menghindari minuman yang digunakan mengandung kafein misalnya kopi kemudian teh.