Bisnis  

7 BUMN Diusulkan Dapat Suntikan Modal Negara Rp13,6 Billion Tahun Ini adalah

7 BUMN Diusulkan Dapat Suntikan Modal Negara Rp13,6 Billion Tahun Ini adalah adalah

Infocakrawala.com – JAKARTA – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengusulkan Penyertaan Modal Negara (PMN) tahun anggaran 2024 untuk tujuh perusahaan pelat merah senilai Rp13,6 triliun. PMN yang disebutkan berasal dari cadangan pembiayaan investasi.

Usulan yang disebutkan disampaikan Erick terhadap Komisi VI DPR pada waktu rapat kerja (raker), Selasa (19/3/2024). Menurut dia, anggaran itu sanggup didalami legislator, sebelum disetujui Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

“Tahun 2024 ini memang sebenarnya kita ada cadangan pembiayaan pembangunan ekonomi yang tersebut kita dorong senilai Rp13,6 triliun. Saya kira mohon menghadapi PMN yang tersebut diusulkan ini dapat diadakan pendalaman oleh Komisi VI lalu seluruh jajarannya,” ujar Erick.

Dia mengatakan, dana dari cadangan pembiayaan penanaman modal itu akan dialokasikan untuk penyehatan bidang usaha BUMN. Selain itu, juga digunakan untuk melaksanakan kegiatan yang digunakan menjadi penugasan pemerintah.

Berikut daftar BUMN yang mana diusulkan mendapat PMN 2024 dari cadangan pembiayaan investasi:

1. PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau PT KAI dengan nilai PMN 2024 yang tersebut diajukan sebesar Rp2 triliun. Dana ini akan digunakan untuk pengadaan kereta melalui retrofit lalu pembelian kereta baru.

2. PT Hutama Karya (Persero) dengan usulan PMN 2024 sebesar Rp1,6 triliun. Anggaran ini dialokasikan untuk penyelesaian ruas Tol Palembang-Betung.

3. Reasuransi Indonesia Utama dengan usulan PMN 2024 senilai Rp1 triliun. Rencananya, PMN dipakai untuk penguatan permodalan.