3 Olahraga yang mana Berisiko Picu Gangguan Tulang Punggung Jika Dilakukan Berlebihan

3 Olahraga yang mana mana Berisiko Picu Gangguan Tulang Punggung Jika Dilakukan Berlebihan

Infocakrawala.com – JAKARTA – Olahraga merupakan salah satu kegiatan yang dimaksud sangat dianjurkan untuk masih sanggup menjaga kebugaran juga kondisi tubuh tubuh. Ada berbagai jenis olahraga yang tersebut sanggup Anda lakukan sesuai dengan keinginan juga kemampuan.

Meski dianjurkan untuk menjaga kebugaran juga kebugaran, ternyata ada beberapa jenis olahraga yang bukan baik jikalau dijalankan berlebihan. Pasalnya, jenis olahraga yang disebutkan dapat memicu gangguan tulang punggung apabila diadakan terlalu kerap alias berlebihan. Bahkan, beberapa jenis olahraga juga harus dilaksanakan dengan teknik yang tersebut benar agar tidak ada berujung pada gangguan tulang belakang.

Lantas, jenis olahraga apa cuma yang tersebut berpotensi terhadap gangguan atau kelainan pada tulang belakang jikalau dijalankan secara berlebihan? Berikut di tempat antaranya, berdasarkan hasil wawancara MNC Portal dengan Consultant Orthopaedic Spine Surgeon ALTY Hospital Kuala Lumpur Dr Lee Chee Kean.

1. Angkat Beban

Weight Lifting alias olahraga angkat beban memang benar mempunyai khasiat untuk menguatkan, khususnya otot punggung. Namun, Dr Lee menyebut, di tempat sisi lain jenis olahraga satu ini ternyata juga punya peningkatan risiko terhadap cedera punggung bawah, baik pada komponen jaringan keras (tulang) maupun komponen jaringan lunak (otot, bantalan sendi, juga lain-lain).

“Yang paling tak bagus (untuk tulang belakang) adalah main alat gym yang tersebut berat-berat. Terutama ketika main weight lifting, yang digunakan beratnya sampai 40-50 kilogram. Mereka harus sampai bungkuk badannya, sehingga sangat melibatkan tulang punggung,” tutur Dr Lee pada waktu diwawancara di dalam kawasan Cikin, Ibukota Pusat, baru-baru ini.

“Jadi tekniknya perlu sangat betul lalu tepat. Jadi sangat tidak ada baik (untuk tulang punggung) kalau tekniknya salah,” tambahnya.

Dokter Lee menyarankan agar jenis olahraga satu ini dijalankan dengan teknik yang dimaksud benar, atau hanya saja dijalankan oleh orang-orang yang telah terjadi profesional. Pasalnya, apabila diadakan dengan teknik yang digunakan salah, olahraga ini miliki risiko tekanan terhadap saraf, teristimewa yang mana terdapat pada tulang belakang hingga memicu saraf terjepit.

“Jadi, yang tersebut main alat itu harus yang digunakan sampai sangat-sangat profesional. Kalau orang-orang biasa seperti kita, ada kalanya kita miss step, atau bukanlah pakai otot kaki juga tangan, tapi justru pakai tenaga dari punggung, itu sanggup memicu cedera,” terangnya.

2. Sit Up

Olahraga sit up banyak digemari, khususnya oleh dia yang dimaksud ingin mendapatkan perut rata hingga berotot. Namun, alih-alih mendapatkan perut yang tersebut six-pack, olahraga sit up ternyata sanggup memicu gangguan pada bantalan sendi di tempat pinggung jikalau diadakan secara berlebihan.

“Yang kedua olahraga menguatkan otot perut seperti sit up. Karena beliau kan naik turun-naik turun, itu mampu memicu sendi bantalan pada punggung jadi rusak,” papar Dr. Lee.