Amankah Kurma untuk Pengidap Diabetes? Simak Penjelasannya

Amankah Kurma untuk Pengidap Diabetes? Simak Penjelasannya

Infocakrawala.com – JAKARTA – Penderita penyakit gula memiliki banyak pantangan makanan yang mana perlu diperhatikan. Salah satu yang mana rutin menjadi kegelisahan adalah buah kurma.

Kurma merupakan jenis buah yang digunakan mempunyai sejumlah nutrisi. Namun, dalam sisi lain rasa manis yang tersebut dihadirkan juga kerap menyebabkan orang khawatir akan peningkatan kadar gula darahnya secara drastis.

Lalu, apakah aman bagi pengidap hiperglikemia untuk mengonsumsi kurma? Simak penjelasannya berikut ini.

Amankah Kurma bagi Pengidap Diabetes?

Buah kurma identik dengan rasa manis serta komposisi karbohidratnya, sehingga rutin menjadi perhatian penderita diabetes. Kendati begitu, pengidap hiperglikemia sebenarnya masih sanggup menikmati makanan bergizi ini, namun pada jumlah keseluruhan terbatas.

Mengutip laman Healthline, Rabu (20/3/2024), kurma tak cuma mengandung fruktosa alami juga karbohidrat. Untuk satunya, buah ini setidaknya mengandung hampir 2 gram serat.

Kandungan serat ini bermanfaat pada membantu tubuh mengangkat karbohidrat lebih besar lambat. Semakin lambat karbohidrat dicerna, semakin kecil pula kemungkinan gula darah melonjak setelahnya makan.

Selain itu, kurma juga mempunyai indeks glikemik (GI) yang tersebut relatif rendah meskipun rasanya manis. Pada sebuah penelitian, peneliti memeriksa GI 1,8 ons (50 gram) dari 5 varietas kurma yang tersebut umum dijumpai.

Hasilnya, mereka itu menemukan bahwa kurma mempunyai GI rendah, yakni antara 44 serta 53. Maka dari itu, apabila dikonsumsi pada total sedang, buah ini justru dapat menjadi pilihan asupan bergizi untuk penderita diabetes.


Senada dengan penjelasan pada atas, Dokter Spesialis Penyakit Dalam dr Ika Devi, Sp.PD mengatakan bahwa kurma miliki banyak nutrisi yang baik untuk tubuh. Menurut hasil penelitian, kurma aman dikonsumsi pengidap hiperglikemia akibat miliki indeks glikemik yang tersebut relatif rendah.

“Dari penelitian, kurma ini dikatakan miliki indeks glikemik yang rendah yakni sekitar 45. Artinya cukup aman dikonsumsi oleh pasien diabetes,” kata dr Ika Devi seperti disitir dari akun Instagram resminya di tempat @dokterikadevi.

Meski begitu, dr Ika Devi mengingatkan bahwa penderita diabetes mellitus wajib tetap saja memperhatikan kalori hariannya pada waktu mengonsumsi kurma. Lebih sangat ia menyarankan agar pasien hiperglikemia berkonsultasi pada dokter untuk penjelasan lebih besar lengkapnya.

Demikianlah penjelasan mengenai konsumsi kurma yang tersebut aman bagi penderita diabetes. Semoga bermanfaat.