Kekuatan NasDem di dalam Parlemen Tak Besar, Surya Paloh Pertimbangkan Gulirkan Hak Angket

Kekuatan NasDem di tempat pada Parlemen Tak Besar, Surya Paloh Pertimbangkan Gulirkan Hak Angket

Infocakrawala.com – JAKARTA – Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh mempertimbangkan mengeluarkan instruksi untuk fraksi partainya dalam DPR untuk menggulirkan hak angket kecurangan pemilihan 2024.

Pasalnya, kekuatan fraksi NasDem dalam parlemen sangat terbatas untuk mengupayakan lalu menegaskan hak angket bergulir di tempat DPR.

“Ada keterusterangan, ada spontanitas, saya pikir saya harus katakan dengan energi Partai NasDem yang relatif masih amat terbatas,” ujar Surya pada waktu jumpa pers di tempat NasDem Tower, Ibukota Indonesia Pusat, Rabu (20/3/2024).

Menurut dia, dukungan wacana hak angket Fraksi NasDem semata-mata untuk menghormati hak konstitusional anggota fraksi di dalam DPR. “Kalaupun NasDem menggalakkan hak angket itu semata-mata oleh sebab itu penghormatan untuk hak konstitusional yang digunakan dimiliki seluruh anggota dewan,” ucapnya.

Dengan kekuatan NasDem pada parlemen, Surya mempertanyakan efektivitas bila hak angket digulirkan fraksinya. Apalagi hak angket sangat tergantung pada kekuatan kata-kata fraksi pada parlemen.

“Demokrasi yang digunakan ada pada waktu ini bukan lagi mengedepankan asas musyawarah serta mufakat, tapi ucapan terbanyak. Ketika kita berhadapan pemilihan pendapat terbanyak, kita harus pikir dulu kita sudah ada banyak pengumuman belum?” kata Surya.

Sebelumnya, Koalisi Perubahan membantu wacana capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo yang tersebut menggulirkan penyelenggaraan hak angket untuk menyelidiki kejanggalan Pemilihan Umum 2024.

Sikap itu diputuskan pasca para sekjen Koalisi Perubahan melaksanakan pertemuan di tempat NasDem Tower, Ibukota Pusat, Kamis (22/2/2024).

Tiga elite petinggi parpol yang tersebut bertemu yakni Sekjen Partai NasDem Hermawi Taslim, Sekjen PKB Hasanuddin Wahid, juga Sekjen PKS Aboe Bakar Alhabsyi.

Setelah pertemuan, Hermawi mengaku mempunyai kesamaan semangat dengan capres nomor urut 1 Anies Baswedan yang tersebut memperkuat sikap Ganjar agar DPR menggunakan hak angket.

“Semangat kami sebagai satu kesatuan yang dimaksud utuh. Tiga partai yang mana solid berkoalisi, semangat kami seperti semangat yang dimaksud disampaikan Pak Anies. Kita siap sama-sama inisiator PDIP menggulirkan angket,” ujar Hermawi.