4 Jenis Takjil yang dimaksud Harus Dihindari Penderita Diabetes

4 Jenis Takjil yang dimaksud dimaksud Harus Dihindari Penderita Diabetes

Infocakrawala.com – JAKARTA – Terdapat sedikitnya empat jenis takjil yang tersebut harus dihindari penderita penyakit gula pada waktu berbuka puasa. Sebagian besar dalam antaranya adalah makanan favorit rakyat Indonesia.

Puasa Ramadan menjadi kewajiban seluruh umat Islam dalam dunia. Khusus bagi pengidap hambatan kebugaran seperti diabetes, mereka memerlukan persiapan lebih, termasuk menentukan skema pola makannya.

Bagi penderita diabetes, pemilihan takjil juga menjadi salah satu aspek penting wajib diperhatikan. Mereka harus sanggup menjaga kadar gula tetap saja stabil untuk menghindari hal-hal yang dimaksud bukan diinginkan.

Lantas, apa semata jenis takjil yang digunakan harus dihindari penderita penyakit gula ketika berbuka puasa? Berikut beberapa contohnya, sebagaimana dihimpun dari berbagai sumber, Hari Sabtu (9/3/2024).

Takjil yang dimaksud Harus Dihindari Penderita Diabetes

1. Gorengan

Masyarakat Indonesia sangat menyukai makanan-makanan yang mana digoreng. Bahkan, sebagian di area antaranya mungkin saja selalu menjadikannya sebagai santapan wajib pada waktu berbuka puasa.

Namun, penderita penyakit gula sangat dianjurkan untuk menghindari konsumsi jenis-jenis makanan yang digoreng. Salah satu alasannya sebab gorengan mengandung kalori hingga lemak trans yang cukup tinggi.

2. Es Buah

Puasa juga sangat identik dengan beragam olahan penyegar mulut seperti es buah. Namun, penderita penyakit gula tak dianjurkan untuk mengonsumsinya agar kadar gula tetap saja stabil.

Umumnya, penderita diabetes mellitus telah tahu bahwa merek tidak ada dianjurkan mengonsumsi minuman manis, baik yang dimaksud ditambahkan gula maupun memakai pemanis buatan. Hal yang dimaksud juga berlaku untuk jenis olahan seperti es buah ini.

Tak cuma buah-buahan segar, biasanya es buah akan dikombinasikan dengan beberapa komponen lain. Seperti gula, kental manis, juga sirup sehingga rasa manisnya akan sangat pekat.

3. Makanan Ringan Kemasan

Berikutnya adalah jenis makanan ringan di kemasan. Alasannya dikarenakan snack kemasan yang dimaksud biasanya sejumlah mengandung kalori tinggi.

Tak semata-mata itu, beberapa jenisnya bahkan mengandung tepung terigu, gula hingga pengawet pada kadar yang mana tinggi. Bahan-bahan yang dimaksud terkandung di dalam pada snack dapat menghambat kinerja insulin di tubuh serta meningkatkan gula darah.

4. Makanan Tinggi Natrium

Pengidap hiperglikemia juga dianjurkan membatasi konsumsi makanan tinggi natrium. Jenisnya pun beragam dari makanan kalengan, makanan yang diawetkan, daging olahan, makanan kemasan, serta lain-lain.

Demikianlah ulasan mengenai deretan takjil yang tersebut harus dihindari penderita diabetes.