5 Menu Buka Puasa Rendah Kalori, Cocok untuk Jaga Berat Badan Ideal

5 Menu Buka Puasa Rendah Kalori, Cocok untuk Jaga Berat Badan Ideal

Infocakrawala.com – JAKARTA – Menu menerbitkan puasa rendah kalori menjadi pilihan terbaik bagi Anda yang ingin tetap memperlihatkan menjaga pola makan sehat di dalam bulan Ramadan. Ya, puasa sendiri diketahui akan memberi pengaruh sangat baik bagi kemampuan fisik apabila diiringi dengan penerapan pola makan yang mana juga sehat.

Puasa buat sebagian orang juga sanggup menjadi momen untuk menurunkan berat badan ataupun menjaga bobot ideal. Kalau itu keinginan Anda, tentu pola makan harus diperhatikan, khususnya ketika berbuka. Makanan rendah kalori adalah pilihan yang mana terbaik.

Berikut beberapa orang rekomendasi menu membuka puasa rendah yang mana bisa saja Anda pilih.

Menu Buka Puasa Rendah Kalori

1. Buah

Menu menerbitkan puasa rendah kalori yang digunakan pertama adalah buah. Jenisnya bisa jadi pisang, pepaya, melon, anggur, apel, kemudian buah beri.

Melansir laman Siloam Hospital, tak hanya saja rendah kalori, buah-buahan yang disebutkan juga mengandung vitamin dan juga mineral yang digunakan tinggi sehingga dapat mengupayakan kerja sistem imun tubuh.

Khusus yang tersebut termasuk pada kelompok buah beri seperti bluberi, blackberry, kemudian rasberi, terkandung pula senyawa yang tersebut bersifat radikal bebas sehingga bisa jadi membantu tubuh melawan radikal bebas pemicu penyakit.

Namun perlu diingat, tiada semua buah rendah kalori. Beberapa buah disarankan untuk dihindari atau dibatasi konsumsinya ketika berbuka puasa lantaran buah yang dimaksud mengandung gas yang mana berpotensi memicu gangguan pencernaan. Salah satu contoh buah yang dimaksud seperti ini adalah durian.

2. Sayuran

Tak ada yang digunakan menyangsikan sehatnya sayur-mayur. Sayuran kaya serat, vitamin, juga mineral, plus tentu sekadar rendah kalori. Bahkan beberapa jenis sayuran hijau diketahui mengandung zat besi yang mana dapat meningkatkan produksi sel darah merah. Dengan begitu, tubuh menjadi tambahan bugar serta tidaklah lesu selama berpuasa.

Beberapa jenis sayuran rendah kalori yang tersebut baik dikonsumsi pada waktu berbuka puasa adalah selada, bayam, lalu sawi. Namun pada sisi lain, ada juga jenis sayuran yang digunakan memiliki zat gas tinggi seperti brokoli, kembang kol, juga kubis sehingga Anda disarankan untuk membatasi konsumsinya agar terhindar dari gangguan pencernaan.

3. Nasi Merah

Nasi merah mengandung karbohidrat kompleks sehingga direkomendasikan sebagai salah satu menu menyingkap puasa rendah kalori. Diketahui, karbohidrat kompleks akan dicerna tambahan lambat oleh tubuh sehingga memberikan efek kenyang lebih tinggi lama. Selain aman dikonsumsi pada waktu berbuka puasa, nasi merah juga baik dimakan ketika sahur.

4. Ikan

Untuk mencukupi asupan protein harian, Anda dapat mengonsumsi daging ikan pada waktu berbuka puasa. Selain berprotein tinggi, ikan juga mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk kebugaran otak juga jantung. Agar sanggup memperoleh isi gizinya secara optimal, sebaiknya daging ikan diolah dengan cara dikukus.

Beberapa jenis ikan yang tersebut direkomendasikan menjadi menu mengungkap puasa adalah tuna, salmon, sarden, serta makerel.

5. Telur

Telur juga merupakan sumber protein yang dimaksud baik. Selain itu, telur ternyata masih tergolong makanan rendah kalori selama diolah dengan cara yang tersebut tepat. Misalnya mengolah telur dengan cara direbus atau dikukus. Sebab, telur yang diolah dengan cara digoreng akan mengandung lemak serta kalori yang mana cenderung tinggi.

Itu ia lima menu menyingkap puasa rendah kalori yang mana patut Anda coba. Semoga informasi ini bermanfaat.