Profil 3 Anak Andika Perkasa: Rekam Jejak Pendidikan Mentereng, Tapi Pada Ogah Masuk TNI

Profil 3 Anak Andika Perkasa: Rekam Jejak Pendidikan Mentereng, Tapi Pada Ogah Masuk TNI

InfoCakrawala.com – Tiga anak Jenderal TNI (Purn) Andika Perkasa tiada ada yang mana mengikuti jejak ayahnya di tempat militer. Padahal diketahui sepak terjang Jenderal Andika Perkasa saat berpartisipasi di tempat TNI sudah sangat terkenal.

Meski begitu ketiga anak Andika miliki profesi lain yang digunakan tak kalah memproduksi bangga. Simak profil 3 anak Andika Prakasa yang digunakan tak tertarik mengikuti jejak sang ayah berikut ini.

1. Alexander Akbar Wiratama Perkasa

Alexander Perkasa (jas putih) , putra sulung Andika Perkasa (Instagram/@dr.alexanderperkasa)
Alexander Perkasa (jas putih) , putra sulung Andika Perkasa (Instagram/@dr.alexanderperkasa)

Putra sulung Andika Perkasa bernama lengkap Alexander Akbar Wiratama Perkasa Hendropriyono. Dia merupakan manusia dokter berprestasi lulusan Universitas Airlangga (Unair) Surabaya. 

Alex bekerja di dalam Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto. Nama Alex makin populer ketika membantu penanganan kasus Santini Aprilia Manganang dalam operasi kasus Hipospadia.

Bagi Alex, operasi Aprilia Manganang menambah daftar pengalamannya sebagai asisten operasi. Setidaknya Alex pernah menangani 20-30 operasi dengan kasus serupa. Pengalaman itu juga yang tersebut memproduksi Alex cukup piawai melakukan pendekatan berkala pada Aprilia Manganang sebelum operasi. 

Alex merupakan dokter spesialis bedah plastik rekonstruksi serta estetik. Dia juga terdaftar sebagai anggota dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dengan Nomor Pokok Anggota (NPA) 170766.

Alex telah dilakukan menikah dengan wanita yang mana juga berprofesi sebagai dokter bernama Nisa Avina Pilar sejak Maret 2019 lalu. Bukan sosok sembarangan, istri Alex adalah putri Letnan Jenderal TNI (Purn) Muhammad Setyo Sularso. 

Alex lalu Avina telah terjadi dikaruniai pribadi putra bernama Arthur Ibrahim Perkasa Hendropriyono pada tahun 2021 lalu. Putra pasangan Alex serta Avina menjadi cucu pertama Andika Perkasa serta istrinya, Diah Erwiany alias Ibu Hetty.

2. Angela Adinda

Angela Adinda (baju hitam) bersama sang ibunda, Hetty serta Hafiz Akbar (Instagram/@jenderaltniandikaperkasa)
Angela Adinda (baju hitam) bersama sang ibunda, Hetty serta Hafiz Akbar (Instagram/@jenderaltniandikaperkasa)

Angela Adinda bernama lengkap Angela Adinda Nurrina Perkasa Hendropriyono diketahui telah dilakukan dilantik sebagai dokter bersama 123 dokter lain lulusan UGM pada tahun 2022 lalu. Dia menempuh sekolah dalam Fakultas Kedokteran Kesehatan Masyarakat kemudian Keperawatan (FK-KMK).

Angela tidaklah mengikuti jejak ayahnya untuk masuk bidang militer. Dia memilih jalannya sendiri menjadi manusia dokter seperti sang kakak.

Meski memilih jalan berbeda dengan orang tua, Angela mendapat restu penuh dari Andika Perkasa. Bahkan di tempat momen wisuda Angela, Andika Perkasa hadir untuk memberikan pidato mewakili orang tua wali murid. 

Dalam pidatonya, Andika Perkasa berpesan bahwa perjalanan anak-anak lulusan kedokteran masih panjang dan juga dapat berkontribusi untuk kebaikan bangsa dan juga negara. Pesan itu ditujukan tidaklah cuma kepada putrinya yang terlibat diwisuda, tapi juga kepada seluruh wisudawan.  

3. Andrew Perkasa

Andrew Perkasa ketika wisuda S2 di tempat University of Washington (Instagram/@jenderaltniandikaperkasa)
Andrew Perkasa ketika wisuda S2 di area University of Washington (Instagram/@jenderaltniandikaperkasa)

Andrew Perkasa adalah putra bungsu Panglima TNI (Purn) Jenderal Andika Perkasa. Andrew yang merupakan angkatan 2017 berhasil menyelesaikan studinya S1 Program Studi Akutansi, Fakultas Ekonomika juga Bisnis (FEB).

Dia resmi menyandang gelar sarjana setelah mengikuti acara wisuda dalam Unversitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarkarta pada Rabu (25/5/2022). Andrew mendapat gelar ganda sebagai bagian dari program double degree.

Dia juga menyelesaikan program di area University of Melbourne selama 2 tahun pada tahun 2021. Oleh karenanya, gelar akademik Andrew Perkasa adalah S.E., B.Com. Andrew pun sudah menuntaskan institusi belajar S2 pada Foster School of Business University of Washington, Amerika Serikat.

Andrew Perkasa pernah bekerja magang di dalam Bank Rakyat Indonesia (BRI) sebagai assets & liabilities management. Selain itu, dia juga pernah magang di tempat perusahaan e-commerce JD.ID di tempat bagian business development.

Kontributor : Trias Rohmadoni

(Sumber: Suara.com)