5 Olahraga Paling Ampuh Mengalahkan Insomnia, Bikin Tidur Lebih Nyenyak

5 Olahraga Paling Ampuh Mengalahkan Insomnia, Bikin Tidur Lebih Nyenyak

Infocakrawala.com – JAKARTA – Apakah Anda rutin menatap langit di tempat waktu malam hari akibat sulit untuk tidur? Jika hal ini terjadi setiap hari, Anda mungkin saja mengalami insomnia , gangguan tidur yang tersebut menyebabkan kesulitan untuk tidur.

Jika dibiarkan, sanggup menyebabkan kelelahan, mudah tersinggung juga keresahan mental, juga mengganggu daya ingat juga konsentrasi. Untuk itu, perlu segera ditangani.

Sementara, pada insomnia kronis , efeknya meningkatkan risiko berbagai permasalahan kesehatan, termasuk tekanan darah tinggi, penyakit jantung koroner, diabetes mellitus lalu kanker.

Nah, apabila Anda mengalami kelainan ini, berikut beberapa olahraga terbaik untuk mengatasi insomnia guna meningkatkan kualitas tidur.

Olahraga untuk mengatasi insomnia

1. Olahraga kardiovaskular/ aerobik
Menurut Sleep Foundation, olahraga kardiovaskular atau aerobik dapat meningkatkan kualitas tidur serta menghurangi rasa kantuk berlebihan di dalam siang hari bagi penderita insomnia. Faktanya, aerobik dapat mengempiskan keparahan kondisi gangguan pernapasan ketika tidur, seperti apnea tidur obstruktif.

Anda dapat melakukan aerobik seperti jalan cepat, jogging atau bersepeda di tempat pagi hari agar tidur lebih lanjut nyenyak pada di malam hari hari.

Pakar kebugaran Chitharesh Natesan menyarankan latihan aerobik intensitas sedang selama 30 menit hampir setiap hari pada seminggu untuk mendapatkan faedah yang digunakan merangsang tidur.

2. Yoga
Melakukan pose yoga lembut sebelum tidur dapat menimbulkan tubuh juga pikiran rileks sehingga lebih tinggi mudah untuk tidur. Sebuah studi yang mana diadakan oleh Indian Journal Of Psychiatry, menemukan bahwa penderita insomnia merasakan penurunan gangguan tidur yang signifikan.

3. Tai Chi
Tai Chi merupakan seni bela diri China kuno yang mana terkenal dengan gerakannya yang lambat serta disengaja. Tai Chi dapat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas tidur. Hal ini adalah praktik pikiran-tubuh yang digunakan meningkatkan relaksasi, mengempiskan stres serta meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan, yang mana semuanya berkontribusi pada kualitas tidur yang lebih banyak baik.

Sebuah penelitian yang dimaksud diterbitkan oleh International Journal of Environmental Research and Public Health menemukan bahwa Tai Chi memberikan efek positif pada penderita insomnia dan juga membantu meringankan gejala depresi serta kecemasan.