Bisnis  

SPKLU Keliling Bakal Layani Pemudik Lewat Jalan Tol, Cek Lokasinya

SPKLU Keliling Bakal Layani Pemudik Lewat Jalan Tol, Cek Lokasinya

Infocakrawala.com – JAKARTA – eksekutif menyatakan beberapa jumlah Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum ( SPKLU ) mobile akan keliling melayani pemudik melalui jalan tol. PLN akan menyediakan 5 SPKLU keliling dalam Jawa Tengah dan juga Jawa Barat.

“Lokasi umumnya berjarak sekitar 23 kilometer satu identik lain. Itu cukup rata-rata jarak tempuh kendaraan listrik mencapai 300-350 kilometer,” ujar Direktur Teknik dan juga Lingkungan Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Mohamad Priharto Dwinugroho ketika konferensi pers di dalam Gedung BPH Migas, Rabu (3/4/2024).

Sementara, VP Pengendalian Operasi Sistem Ketenagalistrikan PLN Nurdin Pabi mengungkapkan SPKLU keliling disiapkan di tempat jalur mudik Jateng serta Jabar lantaran dianggap sebagai jalur padat pemudik sehingga tujuannya untuk mengantisipasi kehabisan akumulator di dalam berada dalam perjalanan. “Jadi ini telah kita antisipasi,” kata dia.

Selain SPKLU keliling, PLN juga menyiapkan 1.299 SPKLU yang mana tersebar di dalam seluruh Indonesia, yang mana dalam antaranya sebanyak 175 merupakan SPKLU baru. SPKLU ini tersedia dalam kantor-kantor PLN, hotel, hingga jalan tol.

“Jadi SPKLU baru itu dominan pada jalan tol, untuk antisiapasi pelaksanaan mudik ini jangan sampai rakyat yang menggunakan kendaraan listrik was-was lantaran habis energi pada sedang jalan,” tutur Nurdin.

Adapun SPKLU yang mana tersedia mencakup beberapa jenis mulai dari ultra fast charger, fast charger, medium charger, hingg slow charger. Untuk mengecek lokasi SPKLU yang tersedia mampu dijalankan melalui aplikasi mobile PLN Mobile. Pada aplikasi mobile ini tak semata-mata menunjukkan lokasi, tetapi juga kondisi SPKLU sedang digunakan atau tidak, sehingga sanggup dipantau oleh pemudik.