8 Makanan Khas Lebaran dari Beras, Tak Melulu Ketupat

8 Makanan Khas Lebaran dari Beras, Tak Melulu Ketupat

Infocakrawala.com – JAKARTA Makanan khas Lebaran dari beras sangat beragam. Selain ketupat , terdapat berbagai hidangan lainnya yang digunakan mampu disajikan di area meja untuk menambah kemeriahan pada waktu Hari Raya Idul Fitri.

Seperti ketupat , deretan makanan khas Lebaran yang mana terbuat dari beras ini cocok disantap dengan kuliner lainnya. Mulai dari opor ayam, rendang, sambal goreng kentang, juga telur balado hingga sayur pepaya atau bahkan soto.

Tak semata-mata dikonsumsi sebagai makanan berat, kuliner yang tersebut terbuat dari beras ini juga bisa saja diolah menjadi kudapan atau camilan lezat di area hari Lebaran. Rasanya yang digunakan manis, juga teksturnya yang dimaksud empuk menimbulkan sejumlah orang menyukainya.

Makanan Khas Lebaran dari Beras

Berikut makanan khas Lebaran yang mana terbuat dari beras selain ketupat dirangkum dari Indonesia Travel, Rabu (3/4/2024).

1. Buras

8 Makanan Khas Lebaran dari Beras, Tak Melulu Ketupat

Foto/Wikipedia

Buras merupakan makanan khas Makassar yang digunakan mirip seperti lontong juga ketupat. Hanya saja, bentuknya lebih besar pipih juga dibungkus dengan daun pisang. Makanan ini biasa dinikmati dengan kari, sambal goreng atau tumis, opor ayam, atau coto Makassar.

Buras dibuat dengan memasak beras juga santan hingga menjadi lembek. Kemudian dibungkus dengan daun pisang dan juga diikat menggunakan rafia atau daun pisang, lalu direbus hingga matang.

2. Pali-pali

8 Makanan Khas Lebaran dari Beras, Tak Melulu Ketupat

Foto/Indonesia Kaya