8 Manfaat Konsumsi Makanan Warna Merah, Bisa Cegah Kanker

8 Manfaat Konsumsi Makanan Warna Merah, Bisa Cegah Kanker

Infocakrawala.com – JAKARTA – Konsumsi makanan warna merah dipercaya menyimpan berbagai kegunaan kesehatan. Makanan merah mengacu pada buah-buahan dan juga sayuran yang mana menunjukkan pigmen merah, teristimewa lantaran adanya senyawa seperti likopen, antosianin, kemudian betalain.

Senyawa di makanan berwarna merah berkontribusi terhadap warna cerah serta menyebabkan beberapa kegunaan kesehatan. Adapun makanan warna merah meliputi tomat, stroberi, paprika merah, ceri, semangka, delima, apel merah, raspberry lalu cranberry.

Gabungkan berbagai makanan merah ke di diet harian Anda, dengan target setidaknya dua hingga tiga porsi per hari. Namun perlu diingat, konsumsi makanan berwarna merah secara berlebihan dapat menyebabkan ketidaknyamanan pencernaan pada beberapa orang.

Manfaat Konsumsi Makanan Warna Merah

Berikut adalah kegunaan konsumsi makanan warna merah dilansir dari Health Shots, hari terakhir pekan (12/4/2024).

1. Aspek Kesehatan Jantung

Makanan berwarna merah, teristimewa tomat, mengandung likopen, yang digunakan dikenal memiliki sifat pelindung jantung. Lycopene membantu menurunkan tekanan darah dan juga menghurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Sebuah studi pada 2021 yang mana diterbitkan di dalam Bioscience Research menunjukkan bahwa potasium yang mana ditemukan di semangka, makanan merah lainnya, membantu memerangi penyakit jantung kemudian melindungi kondisi tubuh jantung.

2. Mencegah Kanker

Antioksidan di makanan merah memerangi radikal bebas. Makanan ini berpotensi mengempiskan risiko neoplasma tertentu, termasuk neoplasma dada kemudian prostat.

3. Menguatkan Penglihatan

Buah berwarna merah seperti stroberi serta semangka kaya akan vitamin C juga antioksidan. Mereka meningkatkan kemampuan fisik mata lalu menurunkan risiko degenerasi makula terkait usia.