6 Tips Jaga Timbangan Badan Tetap Stabil usai Lahap Menyantap Menu Lebaran

6 Tips Jaga Timbangan Badan Tetap Stabil usai Lahap Menyantap Menu Lebaran

Infocakrawala.com – JAKARTA – Lebaran menjadi waktu yang dimaksud paling ditunggu-tunggu. Bukan cuma bersilaturahmi dengan sanak saudara, melainkan juga untuk menyantap berbagai macam menu makanan khas lebaran.

Makanan seperti opor ayam, sayur ketupat, sambal goreng ati, serta rendang kerap kali bikin kalap pada waktu menyantapnya. Terlebih jikalau disantapnya sama-sama dengan keluarga tercinta.

Belum lagi menyantap berbagai camilan dan juga kue-kue lebaran. Kalau terus-terusan kalap, maka Anda harus bersiap-siap untuk menghadapi bilangan bulat timbangan yang semakin bertambah.

Oleh karenanya, dibutuhkan beberapa strategi khusus untuk mengatasi rasa kalap pada waktu menyantap makanan lebaran. Penasaran? Yuk simak ulasan selengkapnya, seperti dilansir EMC Health Care, Kamis (11/4/2024).

1. Kurangi Konsumsi Gula

Kue-kue dan juga minuman manis memang benar tampak menggoda ketika hari lebaran. Namun, Anda sebaiknya menurunkan konsumsi makanan ataupun minuman manis berlebih. Sebab hal ini sanggup meningkatkan risiko obesitas, diabetes, kemudian penyakit jantung

2. Jangan Lewatkan Sarapan

Sesibuk apa pun Anda pada momen lebaran, sebaiknya tetap memperlihatkan menyempatkan waktu untuk sarapan. Pasalnya, sarapan mampu mengurangi tubuh merasa lapar yang digunakan berlebih. Sehingga ketika makan siang, Anda tak kalap pada mengambil porsi makan.

3. Perhatikan Porsi Makan

Jika ada sejumlah menu santapan lebaran, Anda sanggup cicipi semuanya tetapi di ukuran porsi yang tersebut kecil dan juga sedikit. Hal ini bisa jadi menghindari makan berlebihan yang tersebut sanggup menyebabkan perut tak nyaman kemudian naik berat badan berlebih. Sebaiknya Anda juga mengunyah makanan secara perlahan agar dapat dicerna tubuh dengan sempurna.

4. Minum Air yang digunakan Cukup

Asupan cairan tubuh juga tak kalah penting untuk diperhatikan selama merayakan lebaran. Sering kali orang-orang lupa minum air putih hanya saja dikarenakan lebih besar memilih untuk minum minuman manis. Air putih juga membantu mengeluarkan racun dari pada tubuh lalu menjaga keseimbangan cairan pada tubuh.

5. Konsumsi Serat dari Sayur serta Buah

Selain kaya vitamin, buah juga sayur juga mengandung serat yang tersebut baik untuk kondisi tubuh juga dapat mencukupi asupan serat bagi tubuh. Buah lalu sayur bisa jadi meningkatkan kekebalan tubuh juga memperlancar sistem pencernaan.

6. Rutin Berolahraga

Meskipun sedang lebaran tidak berarti Anda sanggup melewatkan olahraga. Olahraga tetap saja sanggup Anda lakukan secara rutin di area sore hari, setelahnya berkumpul dengan sanak saudara. Anda mampu lakukan jalan kaki atau lari, setiap hari selama 30 menit. Dengan rutin berolahraga, tubuh menjadi bugar padahal ketika lebaran porsi makan tambahan berbagai dari biasanya.