Rangkaian Adeging Mangkunegaran ke-267: Kuota Run in Solo Ditambah

Rangkaian Adeging Mangkunegaran ke-267: Kuota Run in Solo Ditambah

Infocakrawala.com – Mangkunegaran Run in Solo masuk pada bagian rangkaian Adeging Mangkunegaran ke-267, yang dimaksud berlangsung pada 17 Maret-28 April 2024 mendatang. Event ini akan berlangsung di area akhir penyelenggaraan.

Pemimpin Pura Mangkunegaran KGPAA Mangkoenagoro X mengatakan, rangkaian acara Adeging Mangkunegaran tahun ini berbentuk kegiatan budaya, musik, hingga olahraga. “Adeging Mangkunegaran merupakan upaya sama-sama untuk merawat kebudayaan,” kata KGPAA Mangkoenagoro X pada jumpa pers dengan media pada Pura Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah, Kamis (18/4/2024).

“Adeging ini juga jadi momen untuk merayakan ulang tahun Mangkunegaran ke-267, ini tentu bukanlah usia yang muda tapi bagaimana kami hari ini terus bertambah berprogres serta kebudayaan kita bermanfaat di dalam era hari ini, tidak hanya sekali masa lalu tapi juga untuk kedepannya. Fokus kami bagaimana warga bisa jadi mengambil bagian terlibat pada Adeging Mangkunegaran. Karena Adeging Mangkunegaran ini merupakan aset kita dengan lalu kebudayaan tentunya juga harus kita jaga,” sambungnya.


KGPAA Mangkoenagoro X mengungkapkan, rangkaian Adeging Mangkunegaran ke-267 yaitu Sumunar Mangkunegaran (17 Maret-28 April 2024), Mangkunegaran MakaN-MakaN (27-28 April), Royal Dinner Mangkunegaran (27 April), Mangkunegaran Run in Solo (28 April) kemudian Mangkunegaran Laras Hati (28 April). Sementara itu, Wali Daerah Perkotaan Solo, Gibran Rakabuming Raka mengapresiasi event Adeging Mangkunegaran yang tersebut memberikan dampak luar biasa terhadap rakyat Solo dan juga sekitarnya.

“Dalam beberapa tahun terakhir, Pemkot Solo lalu Mangkunegaran sangat intens pada meningkatkan kemungkinan pariwisata di dalam Solo. Kami sangat senang dengan adanya event Adeging Mangkunegaran ini akibat telah terlihat dampaknya yaitu total wisatawan ke Solo meningkat serta multiplier effectnya juga sudah ada dirasakan oleh UMKM,” jelas Gibran.

Antusiasme warga di mengikuti lomba lari Mangkunegaran Run in Solo yang didukung oleh PermataBank juga mendapat respons positif dengan ditambahnya kuota lari sehingga dapat menjangkau warga peminat olahraga yang tersebut lebih lanjut luas lagi. “Sebagai komitmen PermataBank di memberikan nilai yang mana bermakna melalui pelayanan kami, kerja sejenis ini diadakan untuk mengupayakan dampak sosial yang tersebut positif sekaligus melestarikan kebudayaan lalu merangkul beragam komunitas juga publik melalui berbagai kegiatan, termasuk seni, olahraga, lalu pengembangan UMKM yang digunakan terintegrasi pada perayaan kemungkinan pariwisata yang dimaksud unggul,” beber Direktur Hukum dan juga Kepatuhan PermataBank Dhien Tjahajani.

Di bagian yang digunakan sama, Ketua Pembina Yayasan DNC Soenardi Pardi berharap, Adeging Mangkunegaran ke-267 dapat memproduksi rakyat terlibat pada acara ini. “Dengan adanya acara ini tentu akan ada gangguan yang digunakan dialami rakyat seperti penutupan jalan lalu lain-lain. Tapi kami akan berupaya meminimalisir gangguan ini serta berharap publik mau terlibat di area acara yang digunakan menggembirakan ini,” kata Soenardi.