Tim Hukum Ganjar-Mahfud: Ada Ketidakonsistenan MK di Putusan PHPU Presiden 2024

Tim Hukum Ganjar-Mahfud: Ada Ketidakonsistenan MK di area Putusan PHPU Presiden 2024

Infocakrawala.com – JAKARTA Makhamah Konstitusi (MK) disebut sudah pernah memunculkan ketidakkonsistenan pada balik putusannya terkait dengan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Presiden 2024.

Hal ini diungkapkan salah satu kelompok hukum pasangan calon nomor urut 3, Ganjar-Mahfud yakni, Annisa Ismail pada waktu memberikan data catatan terkait putusan MK di acara diskusi yang digunakan dilakukan Pusat Kajian Demokrasi, Konstitusi, dan juga Hak Asasi Individu FH UGM (Pandekha) yang tersebut dilakukan secara daring, Selasa (23/4/2024).

“Menurut saya pribadi ya, seperti ada ketidakkonsistenan dalam pada Mahkamah Konstitusi,” tutur Anissa pada penjelasannya.

Ketidakonsistenan itu terlihat pada isyarat para hakim yang dimaksud akan menerapkan substantive justice dalam menghadapi prosedural justice di penanganan PHPU Pilpres 2024 ini. Namun, isyarat itu sejenis sekali bukan terlihat dalam dalamnya. Para hakim MK menyampaikan beberapa jumlah penanganan pelanggaran pemilihan umum sudah ada ditangani masing-masing oleh lembaga pelaksana pemilu.

Padahal seharusnya, kata dia, MK diharapkan dapat bertindak lebih banyak terpencil untuk mendalami pelanggaran-pelanggaran pemilihan umum yang dimaksud ada selama proses tahapannya. “Menurut saya mereka masih keukeuh berpegangan untuk prosedural justice,” ujarnya.