3 Jenderal Intelijen Indonesia, Nomor 1 Sandang Gelar Guru Besar STIN

3 Jenderal Intelijen Indonesia, Nomor 1 Sandang Gelar Guru Besar STIN

Infocakrawala.com – JAKARTA – Terdapat tiga jenderal yang tersebut pada saat ini mengatur badan intelijen Republik Indonesia, yakni Badan Intelijen Negara (BIN), Badan Intelijen Krusial (BAIS), lalu Badan Intelijen juga Keselamatan (Baintelkam). Salah satunya dikukuhkan sebagai Guru Besar pada Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN).

Meski sama-sama badan intelijen, tapi BIN, BAIS, dan juga Baintelkam memiliki lini tugas masing-masing. BIN merupakan alat negara yang menyelenggarakan fungsi Intelijen Dalam lalu Luar Negeri. BIN berada di dalam bawah juga bertanggung jawab terhadap Presiden. BIN berkedudukan sebagai koordinator pengurus intelijen negara.

Adapun BAIS merupakan organisasi yang tersebut khusus menangani intelijen kemiliteran serta berada dalam bawah komando Mabes TNI. BAIS bertugas menyuplai analisis intelijen kemudian strategis yang tersebut aktual maupun perkiraan ke depan biasa disebut jangka pendek, jangka menengah, kemudian jangka panjang terhadap Panglima TNI juga Kementerian Keamanan (Kemhan).

Sementara Baintelkam adalah badan pelaksana tugas pokok Polri dalam bidang intelijen. Baintelkam bertugas membantu Kapolri di membina kemudian menyelenggarakan fungsi intelijen keamanan bagi kepentingan pelaksanaan tugas dan juga manajemen Polri secara umum guna membantu pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan di rangka mewujudkan keamanan pada negeri.

Ketiga badan intelijen yang disebutkan dipimpin oleh jenderal polisi serta jenderal TNI. Siapa hanya mereka?

3 Jenderal Intelijen Indonesia

1. Jenderal Polisi (Purn) Budi Gunawan

3 Jenderal Intelijen Indonesia, Nomor 1 Sandang Gelar Guru Besar STIN

FOTO/IST

Jenderal Pol Budi Gunawan lahir pada 11 Desember 1959 pada Surakarta, Jawa Tengah. Dirinya ditunjuk menjadi Kepala BIN sejak 9 September 2016.

Dalam riwayat kariernya ketika masih berpartisipasi dalam Polri, Budi Gunawan sempat menjabat sebagai Kadiv Propam Polri pada 2010, Kapolda Bali, juga Kalemdiklat Polri di tempat tahun 2012, dan juga menjadi Wakapolri periode 2015-2016.

Usai pensiun dari Polri, Budi Gunawan dipercaya oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Kepala BIN. Tak berselang lama, Budi mendapatkan peringkat Guru Besar (Profesor) pada Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) di dalam tahun 2018.

Kemudian pada 2020 lalu, Budi dipercaya untuk merangkap sebagai Ketua Umum PB ESports Indonesia. Jabatan itu diemban olehnya hingga 2024.

2. Letjen TNI Yudi Abrimantyo

3 Jenderal Intelijen Indonesia, Nomor 1 Sandang Gelar Guru Besar STIN

FOTO/DOK.KEMHAN