Dunia Pers Vietnam: Shin Tae-yong Sulit Tandingi Rekor Park Hang-seo dalam Piala Asia U-23

Planet Pers Vietnam: Shin Tae-yong Sulit Tandingi Rekor Park Hang-seo di Piala Asia U-23

Infocakrawala.com – Dunia Pers Vietnam menyoroti kelolosan Timnas Indonesia U-23 ke perempat final Piala Asia U-23 2024. Maklum saja, ini merupakan tonggak sejarah bagi sepak bola Indonesia dengan melaju ke sesi delapan besar.

Prestasi yang dimaksud menimbulkan ahli Shin Tae-yong mendapat banyak pujian dari media Korea. Baru-baru ini, situs Donga bahkan mengumumkan ahli Shin Tae-yong lebih besar baik dari pembimbing Park Hang-seo.

Namun ada sedikit statistik yang tersebut menciptakan Indonesia U-23 khawatir jelang laga perempat final melawan Korea U-23. Selain perbedaan level antara kedua tim, Korea U-23 juga sangat diunggulkan melaju ke sesi semifinal.

Sejak pertama kali digelarnya Piala Asia U23 2013, Korea U-23 menjadi pasukan yang mana rutin mencapai sesi semifinal. Mereka berada di dalam grup 4 kelompok terkuat pertandingan yang disebutkan sebanyak empat kali (2013, 2016, 2018 dan juga 2020).

Baru pada 2022, Korea tidaklah bisa saja melaju ke putaran semifinal lantaran kalah dari Negeri Matahari Terbit pada fase perempat final. Selain itu, Korea U-23 juga berhasil menjadi juara pada kancah Asia pada 2020.

Dulu, ahli Shin Tae-yong juga Hwang Sun-hong kerap menjadi rival ketika menjadi pemimpin klub Seongnam Ilhwa Chunma atau Busan I’Park serta Pohang Steelers. Kedua ahli strategi itu berhadapan sebanyak 12 kali pada periode 2009-2012.

Hwang Sun-hong menang lima kali kemudian seri lima kali. Sedangkan instruktur Shin Tae-yong belaka meraih kemenangan dua pertandingan. Trang Bola menilai hal yang dimaksud menjadi salah satu alasan instruktur Shin Tae-yong khawatir mendekati perempat final Piala Asia U-23.

Tentu saja, laga perempat final Piala Asia U-23 pada Stadion Abdullah bin Khalifa, Hari Jumat (26/4/2024) dini hari WIB, jikalau Indonesia U-23 tiada mampu menciptakan kejutan alias menelan kekalahan, maka Shin Tae-yong dipastikan gagal menciptakan keajaiban di dalam kompetisi ini.

“Jika kalah dari Korea Selatan, ahli Shin Tae-yong kemudian anak asuhnya dipastikan tidaklah akan mampu menciptakan kembali hal yang disebutkan Keajaiban Changzhou Vietnam U23 ketika pasukan asuhan instruktur Park Hang-seo bahkan mencapai final,” tulis Soha.

Jika semata-mata menghitung sesi semifinal di dalam Piala Asia U-23. Vietnam U-23 masih menjadi satu-satunya pasukan kawasan Asia Tenggara yang mana lolos ke sesi tersebut.