Jangan Diungkit Kekalahan Kontra Korea Selatan, Shin Tae-yong: Nanti Turun Suasana Pemain!

Jangan Diungkit Kekalahan Kontra Korea Selatan, Shin Tae-yong: Nanti Turun Suasana Pemain!

Infocakrawala.com – Shin Tae-yong mengingatkan semua pihak untuk tak lagi mengungkit kekalahan Timnas Indonesia menghadapi Korea Selatan pada waktu menjalani laga uji coba dalam kelompok umur 19 tahun pada 2022 lalu. Menurutnya, apabila kesulitan ini kembali ke permukaan bisa jadi memproduksi suasana mental pemain menjadi turun jelang laga perempat final Piala Asia U-23 2024.

Timnas Indonesia U-23 vs Korea Selatan U-23 berlangsung di dalam Stadion Abdullah bin Khalifa, Hari Jumat (26/4/2024) pukul 00.30 WIB. Ada momen menyedihkan pada waktu Shin Tae-yong menghadapi pasukan nasional dari negaranya tersebut.

Momen menyakitkan itu terjadi ketika Timnas Indonesia U-19 dikalahkan Korea Selatan U-19 pada dua laga uji coba. Uji coba pertama, Indonesia U-19 kalah dengan skor telak 0-7.


Pertemuan kedua, Indonesia U-19 menelan kekalahan 1-5 dari Korea Selatan U-19. Walau begitu, Shin Tae-yong tidak ada merasa hasil minor yang dimaksud menjadi tolok ukur Timnas Indonesia U-23 jelang lawan Korea Selatan U-23.

“Ya itu uji coba saja, jangan ngomong begitu nanti makin turun suasana pemain,” tutur Shin Tae-yong, Rabu (24/4/2024).

Shin Tae-yong menjelaskan bahwa pada waktu ini, Timnas Indonesia U-23 lebih besar diuntungkan ketimbang Korea Selatan U-23. Nada optimisme itu muncul lantaran Skuad Garuda Muda punya waktu persiapan tambahan banyak ketimbang lawannya.

Ditambah lagi, Shin Tae-yong mengaku telah paham betul bagaimana taktik permainan lawannya. “Sebenarnya lebih besar tenang ya lantaran kita lebih tinggi banyak istirahat satu hari daripada lawan (Korea Selatan U-23) nanti. Apalagi saya juga benar-benar tahu lawan seperti apa,” ungkap Shin Tae-yong.