Peringatan Otoda, Mendagri: Momentum Perkuat Bangun Bangsa Berkelanjutan

Peringatan Otoda, Mendagri: Momentum Perkuat Bangun Bangsa Berkelanjutan

Infocakrawala.com – JAKARTA – Hari Otonomi Daerah (Otoda) diperingati setiap tanggal 25 April. Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menyambut baik Hari Otoda Nasional tersebut.

“Semoga peringatan keras Hari Otda ke- XXVIII ini menjadi kesempatan untuk menguatkan komitmen di mendirikan bangsa kemudian negara yang digunakan berkelanjutan,” kata Mengdari Tito Karnavian, Hari Sabtu (27/4/2024).

Tito Karnavian menjelaskan, otonomi tempat merupakan hak, wewenang, lalu kewajiban area otonom. Hal ini untuk mengatur dan juga mengurus urusan pemerintahan lalu kepentingan rakyat setempat.

“Di bidang kesejahteraan, desentralisasi bertujuan memberikan pelayanan masyarakat yang digunakan efektif, efisien, kemudian ekonomis juga meningkatkan partisipasi publik di pembangunan,” ucapnya.

“Sementara itu, di demokrasi, desentralisasi mempercepat terwujudnya rakyat madani melalui proses demokrasi yang mana tambahan langsung,” tambahnya.

Perjalanan otonomi area telah dilakukan mencapai tahap kematangan untuk melahirkan terobosan kebijakan pada identifikasi dan juga perencanaan wilayah yang mana berpotensi dikembangkan secara terintegrasi, dengan memperhitungkan aspek keadilan sosial serta pelestarian lingkungan.

“Saya berharap semoga peringatan tegas Hari Otda ke- XXVIII ini menjadi peluang untuk menguatkan komitmen di merancang bangsa dan juga negara yang mana berkelanjutan,” tutup Tito.

Sementara itu, Wali Perkotaan Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara menerima dua penghargaan di dalam Hari Peringatan Otoda Nasional. Pertama Penganugrahan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha dari Presiden RI yang tersebut disematkan Mendagri Tito Karnavian, kemudian Penghargaan untuk Pusat Kota Denpasar melawan Prestasi Penyelenggaraan otoritas Daerah berhadapan dengan Evaluasi Penyelenggaraan pemerintahan Daerah (EPPD).

“Saya mewakili warga Denpasar sangat bersyukur berhadapan dengan penghargaan ini yang tersebut diterima ini. Terima kasih terhadap seluruh penduduk dan juga semua pihak yang digunakan telah dilakukan menggalang penyelenggaraan di dalam Daerah Perkotaan Denpasar. Saya berikrar untuk terus meningkatkan kesejahteraan rakyat,” tutur Wali Daerah Perkotaan Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara.