Demo persoalan UMP 2024 Ricuh! Heru Budi Ogah Nongol, Pagar Balai Kota DKI Dirusak Massa Buruh

Demo persoalan UMP 2024 Ricuh! Heru Budi Ogah Nongol, Pagar Balai Kota DKI Dirusak Massa Buruh

InfoCakrawala.com Aksi unjuk rasa elemen buruh terkait Upah Minimum Provinsi (UMP) DKI tahun 2024 di tempat depan Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat sempat mengalami kericuhan. Bahkan, pagar kantor gubernur itu menjadi sasaran perusakan para pendemo.

Pantauan Suara.com, massa buruh yang digunakan sudah berunjukrasa sejak siang ini memohon Penjabat Gubernur DKI Heru Budi Hartono untuk menemui massa. Namun, hingga pukul 15.20 WIB, Heru tak kunjung muncul.

Tujuan massa menemui Heru untuk membicarakan mengenai nilai UMP 2024 yang dimaksud akan segera diumumkan sore ini. Akhirnya, massa aksi pun berbaris lalu menyokong pagar Balai Kota.

“Siap kita dorong, satu, dua, tiga dorong,” ujar orator dari mobil komando, Selasa (21/11/2023).

Petugas keamanan Balai Kota DKI kemudian kepolisian terlihat memegangi pagar. Namun, akhirnya pagar rusak juga penyok ke bagian dalam.

Penampakan pagar pada Balai Kota DKI Jakarta yang dimaksud dirusak massa buruh saat demo UMP DKI 2024. (Suara.com/Fakhri)
Penampakan pagar di area Balai Kota DKI Jakarta yang dimaksud dirusak massa buruh saat demo UMP DKI 2024. (Suara.com/Fakhri)

Setelah itu, orator langsung memohon massa menghentikan menyokong pagar.

“Sudah, mundur. Mundur semua,” katanya.

Namun, di tempat sebelah kiri massa aksi yang digunakan dijaga kepolisian terjadi kericuhan. Terlihat terjadi dorong-mendorong ke arah polisi yang digunakan dikerjakan beberapa orang di dalam barisan buruh.

“Tahan semua, itu provokator. Jangan diikuti. Kita aksi damai,” katanya.

Selain merusak pagar, massa aksi juga sempat membakar sampah dalam bagian pagar. Pengrusakan pagar ini juga pernah terjadi pada demo UMP 2023 tahun lalu di area lokasi yang sama.

Sejumlah eleman kelompok buruh menggelar aksi unjuk rasa di dalam depan Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat pada Selasa (21/11/2023). Kedatangan mereka ke kantor Penjabat Gubernur Heru Budi Hartono ini menjauhi pengumuman Upah Minimum Provinsi (UMP) DKI tahun 2024.

Pantauan suara.com, terlihat massa aksi membawa mobil komando dengan pengeras suara. Sejumlah perwakilan buruh pun bergantian melakukan orasi.

Sejumlah elemen buruh menggelar aksi unjuk rasa di dalam depan Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat pada Selasa (21/11/2023). (Suara.com/Fakhri)
Sejumlah elemen buruh menggelar aksi unjuk rasa di tempat depan Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat pada Selasa (21/11/2023). (Suara.com/Fakhri)

Massa aksi juga mengenakan atribut ikat kepala juga mengibarkan bendera beberapa orang organisasi buruh di dalam Jakarta. Aksi ini dikawal oleh petugas kepolisian yang tersebut menimbulkan barisan di dalam depan pagar.

Perwakilan massa aksi, Yusup Suprapto mengatakan aksi ini dijalani demi menggerakkan Heru Budi menetapkan nilai UMP yang berkeadilan. Perwakilan buruh juga dalam sidang Dewan Pengupahan mengusulkan UMP DKI 2024 jadi Rp5,6 juta.

“Ini demo kita untuk memberikan support Kepada bapak Pj Gubernur kita, untuk menetapkan UMP DKI Jakarta tahun 2024. Apa bentuk support nya, adalah supaya beliau sanggup menetapkan UMP itu yang tersebut berkeadilan,” ujar Yusup di area lokasi.

Ia menyebut Heru harus mempertimbangkan beban biaya kehidupan di dalam Jakarta yang digunakan semakin hari terus meningkat.

“Karena di tempat tahun ini, tahun 2023 aja ni, sudah ada kenaikan macam-macam tuh. Mulai dari bensin, kenaikan material makan, material pokok juga seterusnya juga seterusnya, bahkan sampai sekolahan juga terlibat naik, begitu kan,” ucapnya.

Ia berharap Heru juga menaikkan setidaknya seperti tahun lalu ketika menaikkan UMP sekitar 5,6 persen dari Rp4,6 jt jadi 4,9 juta.

Pj Gubernur DKI Heru Budi saat kunjungi Kelurahan Bidara Cina serta Kebon Baru, Jakarta Timur meninjau pengerjaan pengerukan Kali Ciliwung pada Jumat (10/11/2023). [Suara.com/Fakhri Fuadi]
Pj Gubernur DKI Heru Budi saat kunjungi Kelurahan Bidara Cina juga Kebon Baru, Jakarta Timur meninjau pengerjaan pengerukan Kali Ciliwung pada Jumat (10/11/2023). [Suara.com/Fakhri Fuadi]

“Artinya kami berharap beliau bisa saja memberikan kenaikan yang mana pantas sebagaimana usulan dari serikat pekerja, serikat buruh, itu kenaikannya itu pada bilangan bulat UMP-nya Rp5,6 jt ya,” pungkasnya.

Diketahui, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono calon segera menetapkan nilai Upah Minimum Provinsi (UMP) DKI 2024. Rencananya, Heru akan menerbitkan Keputusan Gubernur (Kepgub) tentang besaran UMP Selasa (21/11/2023) sore.

“Nanti sore (kepgubnya) keluar,” ujar Heru Budi usai membuka Rapimprov IV Tahun 2023 KADIN DKI Jakarta, pada Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Selasa (21/11/2023).

(Sumber: Suara.com)