Bisnis  

RI-Malaysia Sepakati Pembaharuan MoU Perlindungan Pekerja Migran

RI-Malaysia Sepakati Pembaharuan MoU Perlindungan Pekerja Migran

Infocakrawala.com – JAKARTA – Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah hari ini melakukan konferensi dengan Menteri Informan Manusia Negara Malaysia Sim Chee Keong pada Kuala Lumpur, Malaysia. Pertemuan keduanya menyepakati pembaharuan nota kesepahaman (MoU) tentang pengamanan lalu penempatan Pekerja Migran Indonesia sektor formal tahun 2004.

Dalam kesempatan itu, selain mengucapkan selamat untuk Sim Chee Keong sebagai Menteri Informan Manusia yang dimaksud baru diangkat, Ida juga mendiskusikan perihal kerja sebanding kebijakan di dalam bidang ketenagakerjaan yang digunakan akan memberikan dampak positif bagi kedua negara.

Terkait pembaharuan MoU proteksi pekerja migran, Ida menjelaskan bahwa hal itu harus segera dilaksanakan mengingat aturan yang dimaksud berlaku sudah ada terlampau lama sehingga perlu menyesuaikan dengan kondisi serta perkembangan ketika ini.

“Kami sangat berterima kasih sudah ada bertemu juga bertukar informasi terkait pengembangan kerja identik bilateral Indonesia kemudian Malaya di dalam bidang penempatan lalu pelindungan Pekerja Migran Indonesia,” ujar Ida di keterangan persnya, Hari Minggu (28/4/2024).

Ida mengatakan, dengan dukungan Sim Chee Keong, kerja serupa antara pemerintahan Indonesia dan juga pemerintahan Malaysia, khususnya dalam bidang ketenagakerjaan akan memberikan hasil yang dimaksud lebih lanjut konkrit.

Selepas menyepakati pembaharuan Mou pengamanan pekerja migran tersebut, Ida serta Sim Chee Keong juga mendiskusikan isu-isu terkini terkait penempatan serta pelindungan pekerja migran Indonesia. Isu yang disebutkan harus disepakati sebelum penyelenggaraan Joint Working Group keempat yang tersebut akan dilaksanakan pada 9-11 Mei 2024 di tempat Malaysia.