Catat, Ini adalah 4 Tanda CVT Motor Matik Perlu Diservis

Catat, Ini adalah adalah 4 Tanda CVT Motor Matik Perlu Diservis

Infocakrawala.com – JAKARTA – Sepeda motor dengan transmisi otomatis memerlukan perawatan khusus. Servis berkala diperlukan teristimewa pada komponen CVT (Continously Variable Transmission).

CVT mempunyai fungsi untuk menyalurkan tenaga mesin ke roda belakang sehingga motor dapat melaju. Di dalamnya terdapat beberapa komponen yang digunakan bekerja secara bersamaan untuk menjamin motor melaju sesuai tenaga yang dimaksud dihasilkan mesin.

Jika terdapat komponen pada CVT yang mana bukan berfungsi dengan baik, akan menyebabkan performa motor menurun. Oleh sebab itu, CVT perlu dijalankan servis secara rutin untuk menghindari terjadinya kecacatan maupun performa yang tidak ada maksimal.

Lantas kapan waktu yang tersebut tepat untuk melakukan servis CVT pada motor matic? Sebagian besar produsen motor memberikan saran untuk melakukan servis CVT antara jarak tempuh 5.000-10.000 km.

Namun, ada juga produsen yang tersebut menyarankan servis CVT secara berkala setiap 3 bulan atau lebih. Selain rekomendasi dari produsen, pemilik kendaraan perlu setiap saat memperhatikan tanda bahwa motor memang sebenarnya telah membutuhkan servis, seperti dibagikan Wahana Honda.

1. CVT berisik pada waktu bergerak.

Jika muncul pendapat dari bagian CVT ketika sedang berkendara, ini bisa saja menjadi tanda bahwa komponen CVT perlu diservis.

2. Perubahan kinerja mesin.

Ketika mesin motor tiada lagi responsif, seperti lambat merespons ketika menarik gas, maka ini sanggup menjadi tanda bahwa CVT membutuhkan perhatian lebih banyak lalu kemungkinan besar memerlukan servis.

3. Berat ketika dikendarai.

Apabila merasa motor matic terasa lebih lanjut berat ketika dikendarai, ini dapat menjadi tanda bahwa fungsi CVT sudah ada mulai ternganggu serta sebaiknya segera melakukan servis.

4. Bahan bakar lebih lanjut boros.

Tanda lain CVT perlu diservis adalah konsumsi komponen bakar secara tiba-tiba meningkat. Pasalnya, motor akan bekerja lebih besar keras di menyalurkan tenaga sehingga substansi bakar yang mana dikeluarkan sangat jauh lebih tinggi besar.

Apabila mengalami salah satu atau beberapa tanda pada atas, segera bawa motor matik ke bengkel resmi atau tempat servis yang terpercaya.