Masinton PDIP: Demokrasi Mensyaratkan Adanya Oposisi

Masinton PDIP: Demokrasi Mensyaratkan Adanya Oposisi

Infocakrawala.com – JAKARTA – Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ( PDIP ), Masinton Pasaribu memandang keberadaan oposisi atau partai urusan politik yang berada pada luar pemerintahan sangat penting. Menurutnya, hal itu merupakan persyaratan daripada sistem demokrasi.

Hal ini disampaikan Masinton di dialog spesial Rakyat Bersuara bertajuk ‘Ramai Koalisi Negeri Tanpa Oposisi’ pada iNews TV, Selasa (30/4/2024) malam. Masinton mengakui memang benar bersanding adalah hal yang mana baik setelahnya bertanding. Namun, bersanding bukanlah berarti harus bergabung ke pada gerbong pemerintahannya.

“Nah bagi saya, saya meyakini bahwa demokrasi itu mensyaratkan adanya oposisi. Ada oposisi berarti adanya demokrasi dalam situ,” kata Masinton pada paparannya.

Dalam konteks ketatanegaraan, kata dia, peran parpol yang mana berada di dalam luar pemerintahan sangat penting untuk menjalankan check and balances bagi pemerintah. Meski begitu, tuturnya, apa yang disampaikan ini tak pada kapasitas mewakili partainya, sehingga tak dan juga merta apa yang digunakan dikatakannya ini sebagai sebuah sinyal PDIP akan mengambil peran oposisi.

“Tetapi di pandangan saya, penting Pak (keberadaan oposisi). Artinya pada kontestasi itu, pemenang ya beliau membentuk pemerintahan, menyusun kabinet segala macam. Yang belum menang, ya beliau bisa jadi menentukan pilihannya untuk di area luar pemerintahan,” ujarnya.