Fase Bootcamp AKI 2024 Besutan Kemenparekraf Dimulai, Bekasi serta Serang Jadi Perkotaan Pembuka

Fase Bootcamp AKI 2024 Besutan Kemenparekraf Dimulai, Bekasi juga Serang Jadi Perkotaan Pembuka

Infocakrawala.com – JAKARTA – Direktorat Kuliner Kriya Desain lalu Fesyen, Deputi Lingkup Kondisi Keuangan Digital kemudian Sistem Kreatif Kementerian Perjalanan lalu Sektor Bisnis Kreatif/Badan Wisata serta Perekonomian Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) memulai rangkaian Fase Bootcamp Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2024.

Seperti diketahui, AKI miliki misi mengembangkan kapasitas pelaku usaha kreatif juga memfasilitasi perluasan akses bursa barang kreatif. Seluruh kontestan Fase Bootcamp akan mendapat materi, mulai dari pengelolaan hak kekayaan intelektual, pitching dan juga presentasi, hingga pengelolaan keuangan.

Peserta juga akan mendapatkan pembekalan komoditas review dan juga branding, marketplace lalu pemasaran digital, design thinking lalu business model, legalitas serta standarisasi usaha, juga sosialisasi e-katalog serta coaching clinic juga mentoring.


Fase Bootcamp sendiri adalah lanjutan dari Fase Pendaftaran (Februari-Maret 2024) lalu Fase Kurasi kemudian Temu Sapa Partisipan (Maret 2024). Fase Bootcamp akan diselenggarakan selama 3 hari pada tiap 12 kota kemudian kabupaten, mulai dari Bekasi, Singkawang, Blitar, Palu, Magelang, Serang, Toba, Tanjung Pinang, Ternate, Labuan Bajo, Denpasar, hingga Merauke. Fase Bootcamp berlangsung pada 23 April hingga akhir Mei 2024.

Tahun ini, sebanyak 6.680 ribu pendaftar telah masuk pada Fase Pendaftaran untuk 7 Subsektor yakni Kuliner, Kriya, Fesyen, Aplikasi, Gim, Musik, dan juga Film. Dan hanya sekali 410 Jenama yang tersebut lolos tahapan Kurasi yang tersebut akan mengambil bagian Fase Bootcamp.

Bekasi juga Serang menjadi dua kota pertama yang digunakan menyelenggarakan Fase Bootcamp AKI 2024, yang tersebut berlangsung pada 23-25 April 2024. Dari Daerah Perkotaan Bekasi lalu Serang sama-sama ada 38 jenama atau brand yang mana lolos mengikuti Fase Bootcamp. Beberapa dalam antaranya ada Beema Honey (kuliner), Nu’kieu (kriya), Lace Dream (kriya), Tracco (aplikasi), Muslim Raya (gim), Khana Sultan (musik), lalu Ngobong (film).

Mentor yang mana terlibat pada Fase Bootcamp AKI 2024 adalah para profesional serta praktisi di area bidang perekonomian kreatif. Beberapa nama pada antaranya seperti Deryansha (CEO Kasisolusi), Wignyo Rahadi SE (Founder juga pimpinan Tenun Gaya), Fauzy Prasetya Kamal (Co-Founder Kandura Studio), dan juga Franke Soeria (Dewan Mode Muslim, Pendiri Benang Project).


Selanjutnya ada Hari Sungkari (Pakar Lingkup Program juga Gim), Nilam Sari (Owner Kebab Baba Rafi), Freddy Chriswantra (Ketua Umum Aliansi Desainer Layanan Indusgri Indonesia), Andandika Surasetje (Direktur Kreatif Ibukota Fashion Week), Rachmant Anggara (Co Penggagas Qasir.id), Suci Sandi (Dosen, Peneliti, Trainer Manajemen, Peluang Usaha Pariwisata dan juga Hospitality), juga Iman Setiobudy (Anggota Aliansi Desainer Barang Industri Indonesia serta Himpunan Desainer Mebel Indonesia).

CEO Kasisolusi Deryansha sangat mengapresiasi Kemenparekraf yang digunakan mengatur event Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2024. Sebab dengan begitu UMKM sanggup naik kelas, bereskalasi, tumbuh, dan juga berkembang.

Dalam kesempatannya menjadi mentor, ia membagi ilmu untuk para peserta.

“Ilmu-ilmu marketing, branding, selling saya akan mengungkap semua di dalam Bootcamp, akibat seperti yang digunakan diminta oleh Pak Sandiaga Uno, dunia usaha kreatif ini bergerak pesat,” ujar Dery.

Setelah mengikuti Bootcamp, tahapan berikutnya bagi para partisipan adalah mengikuti pameran yang tersebut akan berlangsung pada masing-masing kota dan juga kabupaten dalam bulan Mei-Agustus 2024.

Kemudian ditutup dengan tahapan akhir dari rangkaian kegiatan AKI 2024, dengan Waktu petang Puncak yang akan diadakan di area Ibukota Indonesia pada September 2024.