6 Kapolda Aktif Bertugas di tempat Sulawesi, Nomor 1, 4, juga 6 Lulusan Akpol 1991

6 Kapolda Aktif Bertugas dalam tempat Sulawesi, Nomor 1, 4, juga 6 Lulusan Akpol 1991

Infocakrawala.com – JAKARTA – Terdapat enam Kapolda yang dimaksud ketika ini berpartisipasi bertugas pada Pulau Sulawesi . Mereka mengawasi Polda wilayah Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, dan juga Sulawesi Selatan.

Kapolda adalah singkatan dari Kepala Kepolisian Daerah yang digunakan bertugas menjadi pemimpin pelaksanaan tugas Polri pada wilayah tingkat provinsi juga bertanggung jawab dengan segera untuk Kapolri. Mereka yang mengemban jabatan yang disebutkan adalah jenderal polisi bintang dua atau berpangkat Inspektur Jenderal Polisi (Irjen Pol).

Saat ini ada 6 Kapolda yang terlibat bertugas dalam Pulau Sulawesi. Di antaranya mereka ada yang digunakan baru menjabat pada akhir 2023 dikarenakan dimutasi Kapolri Jenderal Listyo Sigit. Siapa belaka mereka?

6 Kapolda Aktif yang digunakan Bertugas pada Sulawesi

1. Irjen Pol Yudhiawan Wibisono

6 Kapolda Aktif Bertugas di area Sulawesi, Nomor 1, 4, dan juga 6 Lulusan Akpol 1991

FOTO/DOK.POLRI

Salah satu kapolda berpartisipasi yang digunakan bertugas pada Sulawesi adalah Irjen Pol Yudhiawan Wibisono. Pria kelahiran 19 Oktober 1967 ini menjabat sebagai Kapolda Sulawesi Utara sejak 28 Desember 2023.

Yudhiawan ditunjuk menjadi Kapolda Sulawesi Utara menggantikan Irjen Setyo Budiyanto yang mana dimutasi menjadi Irjen Kementerian Pertanian. Sebelumnya, lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) 1991 ini sempat menjabat sebagai Sahlisospol Kapolri pada 7 Desember 2023. Dia juga pernah menjadi Direktur Kesepahaman serta Supervisi II KPK pada 2021.

2. Irjen Pol Angesta Romano Yoyol

6 Kapolda Aktif Bertugas pada Sulawesi, Nomor 1, 4, kemudian 6 Lulusan Akpol 1991

FOTO/DOK.POLRI

Selanjutnya ada Irjen Pol Angesta Romano Yoyol pada deretan kapolda yang dimaksud berpartisipasi bertugas dalam Pulau Sulawesi. Lulusan Akpol 1989 itu pada saat ini menjabat sebagai Kapolda Gorontalo.

Dalam riwayatnya, polisi kelahiran 21 Februari 1966 ini pernah menjabat Kepala Biro RBP Srena Polri di area 2018. Selanjutnya ia dipercaya menjadi Widyaiswara Kepolisian Utama Level I Sespim Lemdiklat Polri di tempat 2020 sebelumnya akhirnya menjbata Kapolda Gorontalo.

3. Irjen Pol Adang Ginanjar

6 Kapolda Aktif Bertugas di tempat Sulawesi, Nomor 1, 4, dan juga 6 Lulusan Akpol 1991

FOTO/WIKIPEDIA

Kemudian Irjen Pol Adang Ginanjar juga termasuk Kapolda yang digunakan terlibat bertugas di dalam Pulau Sulawesi. Abituren Akpol 1989 ini menjabata sebagai Kapolda Sulawesi Barat.