Wapres: Tata Kelola Penempatan lalu Perlindungan Pekerja Migran Akan Dikaji Ulang

Wapres: Tata Kelola Penempatan lalu Perlindungan Pekerja Migran Akan Dikaji Ulang

Infocakrawala.com – JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres) KH. Ma’ruf Amin mengungkapkan pemerintah melalui Kementerian Koordinator Area Perekonomian akan mengkaji ulang tata kelola penempatan dan juga proteksi Pekerja Migran Indonesia (PMI).

Hal itu dilaukan lantaran pengelolaan PMI ketika ini belum lepas dari persoalan-persoalan, misalnya aspek keterampilan juga pelatihan yang mana masih perlu ditingkatkan, penempatan yang tidaklah sesuai prosedur, ataupun proteksi bagi PMI juga keluarganya secara menyeluruh.

“Harapannya, langkah ini akan semakin menguatkan peran pemerintah Indonesia di menjamin setiap warga negaranya untuk memperoleh hak melawan pekerjaan, utamanya di tempat luar negeri, sehingga dapat mempunyai penghidupan yang layak,” kata Wapres di sambutannya secara virtual pada Halalbihalal dengan PMI di dalam Singapura juga 12 Negara Lainnya, Mingguan (5/5/2024).

Dalam kesempatan yang digunakan sama, Wapres juga mengungkapkan penghargaan lalu terima kasih untuk para PMI melawan kerja keras lalu sumbangsihnya. “Para pekerja migran yang berkarya di tempat negeri orang tentu menghadapi tantangan yang tersebut tidaklah mudah. Dipisahkan oleh jarak dari rumah dan juga keluarga dekat, ditambah dengan perbedaan budaya kemudian risiko di bekerja, menuntut tekad kemudian ketekunan yang mana luar biasa,” sebutnya.

Selanjutnya, Wapres berpesan agar setiap warga negara yang dimaksud berada di tempat luar negeri masih mematuhi peraturan dalam mana pun mereka berada. “Bijaklah menyesuaikan diri juga terus jaga citra baik Indonesia,” pintanya.