Awas! Sering Begadang Bahaya untuk Bidang Kesehatan Hati

Awas! Sering Begadang Bahaya untuk Area Kesejahteraan Hati

Infocakrawala.com – JAKARTA – Begadang merupakan aktivitas yang dianggap tak sehat. Ada sejumlah risiko kemampuan fisik yang digunakan terjadi bila terlalu rutin begadang.

Seseorang yang tersebut banyak begadang biasanya miliki berbagai alasan mengapa merek tidur larut malam. Mulai dari pekerjaan, menonton film, lalu sebagainya.

Melansir laman Health, merek yang tersebut kerap begadang berisiko lebih lanjut besar terkena depresi, diabetes, tekanan darah tinggi, lalu dampak kondisi tubuh negatif lain. Salah satu yang digunakan perlu diperhatikan ialah kebugaran liver atau hati. Terlalu banyak begadang juga akan memberi dampak buruk pada hati Anda.


Hal ini diungkap oleh instruktur yoga Milanda Soenarto. Lewat akun TikToknya, @milanda228, ia menjelaskan bahwa tidur di dalam berhadapan dengan jam 11 di malam hari dapat berbahaya untuk hati.

“Usahakan jangan tidur lebih banyak dari jam 11 malam, sebab dari jam 11 di malam hari hingga jam 1 pagi, organ liver atau hati kita lagi bertugas bersih-bersih,” ungkap Milanda.

Ia menjelaskan, liver miliki 500 fungsi di dalam mana salah satunya adalah detoxifikasi. Saat itu, hati akan melakukan bersih-bersih lalu menurunkan racun pada tubuh. Bila tidur terlalu malam, maka hati bukan bisa saja melakukan perannya secara optimal sehingga dapat berdampak pada kondisi tubuh tubuh.

“Apa yang tersebut terjadi kalau kita memiliki kebiasaan tidur malam? Tentunya akan mengganggu sistem metabolisme kita,” tandasnya.


Melansir laman Times of India, peneliti Yan Liu mengatakan, begadang mampu menyebabkan seseorang semakin tinggi terkena risiko penyakit hati berlemak. Orang dengan waktu tidur waktu malam yang mana buruk juga tidur siang yang tersebut berkepanjangan memiliki risiko tertinggi terkena penyakit hati berlemak ini.

“Studi kami menemukan peningkatan moderat di kualitas tidur dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit hati berlemak sebesar 29 persen,” kata Liu.

Milanda pun mengimbau rakyat untuk menjalankan waktu tidur merek lalu menurunkan kebiasaan begadang demi kebugaran hati yang penting untuk tubuh.

“Jagalah hati kita ya, oleh sebab itu hati adalah silent killer,” pungkasnya.