Bisnis  

Pandawa Agri Raih Sertifikat EPD Dukung Pertanian Berkelanjutan

Pandawa Agri Raih Sertifikat EPD Dukung Pertanian Berkelanjutan

Infocakrawala.com – JAKARTA – Pandawa Agri Indonesia berhasil kantongi sertifikat Deklarasi Barang Lingkungan atau Environmental Product Declaration (EPD) untuk item andalannya, WEED Solut-ioN. Hal ini bentuk komitmen perusahaan terhadap keberlanjutan dengan mempublikasikan dampak lingkungan dari produknya secara sukarela pada dokumen EPD.

EPD adalah dokumen terstandarisasi yang dimaksud diakui secara global yang memuat informasi yang mana transparan dan juga terverifikasi mengenai dampak lingkungan suatu barang dalam seluruh siklus hidupnya. Dokumen EPD untuk komoditas WEED Solut-ioN®️ menguraikan dampak hasil terhadap lingkungan contohnya di hal konsumsi material baku, pengaplikasian energi serta air, timbulan limbah, serta emisi yang dihasilkan. Angka ini dihasilkan melalui Penilaian Daur Hidup atau Life Cycle Assessment (LCA) yang tersebut dilaksanakan secara ketat serta telah terjadi diverifikasi secara independen oleh pihak ketiga yang tersebut diakui secara internasional.

CEO Pandawa Agri Indonesia Kukuh Roxa mengatakan, WEED Solut-ioN diformulasikan menggunakan bahan-bahan tidaklah beracun yang berasal dari alam, menawarkan alternatif yang digunakan aman lalu ramah lingkungan dibandingkan metode pengendalian gulma secara konvensional dengan substansi kimia berbahaya. Dengan sertifikat EPD, konsumen sekarang ini dapat membandingkan dampak lingkungan dari WEED Solut-ioN dengan hasil alternatif lainnya, sehingga memungkinkan mereka itu mengambil kebijakan berdasarkan data untuk kegiatan operasional pertanian mereka.

Sertifikat EPD menempatkan Pandawa Agri sebagai pionir di solusi pertanian berkelanjutan di area Indonesia. Saat ini, Pandawa Agri menjadi perusahaan pertama di tempat Indonesia yang digunakan menerbitkan EPD untuk kategori hasil kimia dasar (basic chemical).

“Kami sangat bangga menjadi perusahaan pertama dalam Indonesia yang digunakan memperoleh sertifikat EPD untuk item basic chemical. Sertifikat ini akan membantu pelanggan kami di mengambil langkah yang mana tepat mengenai praktik pertanian yang tersebut berkelanjutan. Dengan memilih WEED Solut-ioN, merekan dapat secara signifikan menurunkan ketergantungan terhadap pestisida lalu emisi gas rumah kaca (GRK) terkait,” tambahnya,” kata Kukuh, Mulai Pekan (6/5/2024).

Dokumen Deklarasi Barang Lingkungan (EPD) berfungsi sebagai alat penting pada memberikan informasi yang mana transparan dan juga kredibel mengenai dampak lingkungan suatu hasil sepanjang siklus hidupnya. Mendapatkan sertifikat EPD sejalan dengan dedikasi Pandawa Agri pada menghadirkan komoditas ramah lingkungan serta menguatkan aspek keberlanjutan di dalam seluruh kegiatan operasionalnya.

“Transparansi adalah hal terpenting di sektor pertanian pada waktu ini. Dengan mempublikasikan EPD, kami tak semata-mata membantu pelanggan memenuhi standar transparansi industri, namun juga memberi keunggulan kompetitif bagi perusahaan mereka. Kami yakin hal ini pada akhirnya akan bermanfaat bagi sektor pertanian secara global, khususnya di area Indonesia,” ujarnya.

Menurut dia, Pandawa Agri terus berazam untuk membuka jalan menuju masa depan yang tersebut lebih besar berkelanjutan, menyokong pengembangan di dalam bidang pertanian ramah lingkungan. Dengan sertifikat EPD untuk WEED Solut-ioN, perseroan meningkatkan kekuatan dedikasinya untuk menghadirkan komoditas yang tidaklah hanya sekali memenuhi permintaan pasar, tetapi juga mengedepankan pelestarian kemudian tanggung jawab lingkungan.