10 Masjid Terbesar pada Dunia, Nomor 4 Ada di area Indonesia

10 Masjid Terbesar pada Dunia, Nomor 4 Ada di area area Indonesia

Infocakrawala.com – JAKARTA – Masjid dibangun sebagai tempat ibadah orang Muslim sejak pertama kali dibuat pada zaman Rasullulah SAW. Selain sebagai tempat ibadah, masjid juga dapat menjadi tempat wisata religi dengan menawarkan keindahan arsitekturnya serta sejarah di dalam balik dibangunnya masjid tersebut.

Saat ini, proyek konstruksi masjid terus berprogres pada seluruh dunia mulai dari berbagai ukuran, seni, hingga desain arsitektur yang unik. Bangunan masjid yang digunakan nyaman dan juga megah menjadi ketertarikan suatu negara dengan keindahannya. Lantas dimana sekadar letak 10 masjid terbesar di dalam dunia? Simak daftar berikut.

10 Masjid Terbesar di dalam Dunia

1. Masjidilharam

Masjidilharam terletak di tempat pusat Perkotaan Makkah, Arab Saudi kemudian menjadi masjid terbesar di tempat dunia dengan kapasitasnya yang mana mencapai 2 jt orang untuk beribadah. Masjid ini dibangun di tempat sekitar Ka’bah dan juga menjadi tempat yang tersebut sangat suci bagi umat Islam dengan luas masjid sekitar 357 ribu meter persegi. Saat ini Masjidil Haram terus mengekspansi luas masjid agar dapat menampung tambahan sejumlah umat Islam untuk beribadah.

10 Masjid Terbesar di area Dunia, Nomor 4 Ada pada Indonesia

2. Masjid Nabawi

Masjid Nabawi menjadi masjid terbesar kedua di area dunia yang dimaksud terletak di dalam kota Madinah, Arab Saudi. Luasnya mencapai 400 ribu meter persegi dengan kapasitasnya yang dapat menampung 600 ribu hingga 1 jt orang. Makam Rasulullah SAW sendiri terletak dalam bawah kubah hijau yang digunakan ada di tempat pada masjid Nabawi.

10 Masjid Terbesar di tempat Dunia, Nomor 4 Ada di area Indonesia

3. Masjid Faisal

Masjid Faisal terletak di tempat kota Islamabad, Pakistan serta menjadi masjid terbesar ketiga di dalam dunia. Bangunan masjid Faisal yang digunakan unik terinspirasi dari tenda Suku Badui juga menjadi daya tarik wisata di area Pakistan. Masjid Faisal memiliki luas 5 ribu meter persegi dengan kapasitas mencapai 300 ribu orang.

10 Masjid Terbesar di tempat Dunia, Nomor 4 Ada dalam Indonesia

4. Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal menduduki urutan keempat masjid terbesar pada dunia yang tersebut terletak pada DKI Jakarta Pusat, Indonesia. Masjid yang terdiri dari lima lantai ini pertama kali dibangun pada tahun 1961 dengan luas 10 hektar lalu dapat menampung sekitar 120 ribu orang.

10 Masjid Terbesar di dalam Dunia, Nomor 4 Ada pada Indonesia

5. Masjid Hassan II

Masjid Hassan II terletak pada kota Casablanca, Maroko dengan keindahannya yang dikenal menakjubkan, yakni dibangun menghadap Samudra Atlantik sehingga dapat terlihat pemandangan laut yang mana indah. Masjid Hassan II miliki luas 9 hektar dengan kapasitas mencapai 105 ribu orang.

10 Masjid Terbesar dalam Dunia, Nomor 4 Ada di dalam Indonesia

6. Imam Reza Mausoleum

Masjid Imam Reza yang terletak di tempat Iran ini menjadi masjid terbesar keenam pada dunia dengan luas sekitar 331 meter persegi lalu kapasitas tampung 100 ribu orang. Masjid ini dinamai setelahnya individu imam besar, yaitu Imam Reza yang juga dimakamkan di dalam masjid ini. Selain menjadi tempat beribadah, masjid Imam Reza juga menjadi daya tarik wisata Iran dengan menyediakan perpustakaan dan juga museum.

10 Masjid Terbesar di tempat Dunia, Nomor 4 Ada di dalam Indonesia

7. Masjid Badshahi

Masjid Badshahi menempati kedudukan ketujuh masjid terbesar dalam dunia. Terletak di dalam Lahore, Pakistan, masjid ini miliki kapasitas mencapai 60 ribu orang pada dalamnya. Masjid Badshahi dibangun pertama kali pada tahun 1671 ketika kekuasaan Dinasti Mughal Agung.

10 Masjid Terbesar di tempat Dunia, Nomor 4 Ada pada Indonesia

8. Masjid Al-Saleh

Masjid Al-Saleh terletak pada kota Sana’a, Yaman juga menjadi masjid terbesar kedelapan di tempat dunia. Masjid Al-Saleh miliki kapasitas mencapai 44 ribu orang. Masjid dengan gaya arsitektur yang mana indah ini juga miliki perpustakaan kemudian kelas institusi belajar untuk belajar.

10 Masjid Terbesar di tempat Dunia, Nomor 4 Ada pada Indonesia

9. Masjid Raya Sheikh Zayed

Masjid Sheikh Zayed berada di tempat Abu Dhabi, Uni Emirat Arab dan juga menempati urutan kesembilan masjid terbesar di tempat dunia. Kapasitas tampungnya mencapai 40 ribu orang dengan luas mencapai 22 ribu meter persegi. Masjid ini terkenal dengan keindahannya yang digunakan megah juga desain interiornya yang mana menakjubkan, termasuk lampung gantung terbesar kemudian termewah dalam dunia yang digunakan ada di dalam di masjid Sheikh Zayed.

10 Masjid Terbesar di dalam Dunia, Nomor 4 Ada pada Indonesia

10. Masjid Jami

Masjid Katedral Delhi atau dikenal juga dengan nama masjid Jami terletak di dalam India serta menduduki tempat kesepuluh masjid terbesar di area dunia. Masjid ini mempunyai kapasitas sampung mencapai 25 ribu orang. Pembangunan masjid Jami pertama kali dimulai pada masa pemerintahan Shah Jahan I dari Kerajaan Mughal lalu rampung pada 1656.

10 Masjid Terbesar di area Dunia, Nomor 4 Ada di dalam Indonesia

MG/ Kayla Nathaniel Bilbina