Bisnis  

pemerintahan Ajak Swasta Bangun Proyek Pelabuhan Tanjung Wangi

pemerintahan Ajak Swasta Bangun Proyek Pelabuhan Tanjung Wangi

Infocakrawala.com – JAKARTA – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menggalakkan sektor swasta untuk bekerjasama merancang dermaga Multipurpose Pelabuhan Tanjung Wangi pada Banyuwangi Jawa Timur.

Menurut Menhub, Pelabuhan Tanjung Wangi miliki peluang besar, untuk dikembangkan sebagai pelabuhan regional, sebab letaknya yang dimaksud berdekatan dengan Pelabuhan Ketapang.

Nantinya dermaga multipurpose yang dibangun akan diperuntukkan untuk kapal petikemas dengan kapasitas 17.000 ton, juga mampu menampung 100 kendaraan. Kapasitas ini serupa besarnya dengan Pelabuhan Ketapang sehingga dinilai akan sangat efisien.

“Pelabuhan Tanjung Wangi adalah satu pelabuhan yang dimaksud dekat dari Pelabuhan Ketapang, sehingga potensial untuk dikembangkan sebagai pelabuhan regional antara Jawa dan juga Lombok,” kata Menhub pada keterangan resminya diambil Hari Sabtu (11/5/2024).

Menhub menambahkan dengan konstruksi dermaga multipurpose, Pelabuhan Tanjung Wangi dapat melayani pelayaran kapal secara secara langsung dari Banyuwangi ke Lombok, Sumba atau Sumbawa, sehingga tidak ada lagi membebani pergerakan lalu lintas kapal pada Bali.

Saat ini pengembangan Pelabuhan Tanjung Wangi sedang di proses pengajuan Rencana Induk Pelabuhan, yang nantinya akan dilanjutkan dengan proses studi.

Menhub juga berharap adanya partisipasi atau peran juga dari pihak swasta pada rencana pengembangan Pelabuhan Tanjung Wangi. Gunanya untuk dapat menghurangi beban APBN. Adapun pola kerjasama yang dimaksud dapat dilaksanakan adalah dengan skema kerjasama pengelolaan.

“Pembangunan ini akan dikerjasamakan dengan swasta, yakni dengan skema kerjasama pengelolaan. Saya juga berpesan untuk dapat memaksimalkan pembangunan sehingga menjadi efisien,” tutup Menhub.