Diborong Wali Kota Semarang, Ini Spesifikasi dan juga Harga Honda Vario 160 yang dimaksud Viral

Diborong Wali Kota Semarang, Ini Spesifikasi juga juga Harga Honda Vario 160 yang mana dimaksud Viral

InfoCakrawala.com – Honda Vario 160 sedang jadi sorotan setelah Wali Kota Semarang baru-baru ini mengumumkan telah terjadi memborong 177 unit skuter matic andalan Astra Honda Motor itu untuk para lurah dalam Ibu Kota Jawa Tengah.

Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu pada 29 November kemarin membagikan Vario 160 kepada 177 lurah pada wilayahnya, untuk menggantikan motor dinas lama dari model Honda Revo.

Ita, sapaan akrab Hevearita, uniknya memesan 177 unit Vario 160 berwarna merah. Sang Wali Kota diketahui berasal dari PDIP, partai yang juga identik dengan warna merah.

Spesifikasi Honda Vario 160

New Honda Vario 160 Active Matte Red [PT AHM].
New Honda Vario 160 Active Matte Red [PT AHM].

Jika dilihat dari foto-foto yang mana beredar, Vario 160 yang mana dibagikan Wali Kota Semarang itu adalah tipe CBS dengan varian warna matte red.

Harga Honda Vario 160 CBS berwarna merah itu, mengutip dari laman AHM, di area kisaran Rp 26,4 jutaan dengan status on the road Jabodetabek.

Sebagai skutik dengan gaya sport, Honda Vario 160 dipacu mesin berkapasitas 160cc 4 katup enhanced Smart Power Plus (eSP+) berpendingin cairan yang mampu mengurangi gesekan.

Mesin Vario 160 ini diklaim dapat menghasilkan tenaga maksimal hingga 11,3 kW pada 8.500 rpm dengan torsi puncak 13,8 Nm pada putaran 7.000 rpm.

Vario 160 dibangun di area atas rangka eSAF (enhanced Smart Architecture Frame). Skutik ini juga sangat irit, dengan rata-rata konsumsi bensin 46,9 km/liter.

Lamput pada motor ini sudah menggunakan LED, sementara panel meter telah dilakukan sepenuhnya digital lalu dibekali dengan tempat untuk mengecas ponsel.

Ganti motor bobrok

Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu pada 29 November 2023 memberikan 177 Honda Vario merah kepada lurah dalam Ibu Kota Jateng. Habiskan anggaran Rp 4,7 miliar. [Antara]
Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu pada 29 November 2023 memberikan 177 Honda Vario merah kepada lurah dalam Ibu Kota Jateng. Habiskan anggaran Rp 4,7 miliar. [Antara]

Sebelumnya Wali Kota Semarang mengatakan Vario 160 itu akan menggantikan motor dinas lurah lama, yakni Honda Revo yang tersebut dia sebut sudah bobrok lantaran digunakan sejak 2014 lalu.

“Memang lurah ini sudah lama motornya bobrok. Kemarin, ada anggaran APBD longgar, sehingga kami memberikan kendaraan bermotor agar merekan pada tahun 2024 nanti bekerja semakin baik, semakin rajin turun ke wilayah,” kata Hevearita.

Wali Kota Ita sebelumnya mengatakan bahwa pemerintah kota menghabiskan Rp 8 miliar untuk membeli 177 Vario 160 tersebut. Belakangan ia mengoreksi ucapannya sendiri dan juga mengungkap cuma mengeluarkan sekitar Rp 4 miliar untuk memborong skutik tersebut.

(Sumber: Suara.com)