Bisnis  

Prestasi Penjualan Eceran April 2024 Tumbuh 0,1%, Ini adalah Penopangnya

Prestasi Penjualan Eceran April 2024 Tumbuh 0,1%, Hal ini adalah Penopangnya

Infocakrawala.com – JAKARTA – Bank Indonesia (BI) menyampaikan kinerja pemasaran eceran pada April 2024 diprakirakan melanjutkan pertumbuhan, baik secara tahunan maupun bulanan. Asisten Gubernur Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono mengatakan, hal yang dimaksud tercermin dari Ukuran Penjualan Riil (IPR) April 2024 sebesar 243,2 atau bertambah 0,1% (yoy).

“Tetap positifnya pemasaran eceran yang disebutkan didorong oleh peningkatan Grup Suku Cadang lalu Aksesori, Bahan Bakar Kendaraan Bermotor, dan juga Makanan, Minuman, kemudian Tembakau,” tulis Erwin pada keterangan resminya, Selasa (14/5/2024).

Secara bulanan, transaksi jual beli eceran diprakirakan meningkat positif sebesar 3,3% (mtm) ditopang oleh Grup Peralatan Pengetahuan kemudian Komunikasi juga Makanan, Minuman, lalu Tembakau yang tersebut tercatat masih bertambah didorong oleh kegiatan warga pada waktu Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Idulfitri.

Pada Maret 2024 IPR tercatat mencapai 235,4 atau bertambah sebesar 9,3% (yoy). Pembaruan kinerja perdagangan eceran yang disebutkan didorong oleh beberapa kelompok, dengan peningkatan tertinggi pada Subkelompok Sandang dihadiri oleh Tim Suku Cadang serta Aksesori, dan juga Makanan, Minuman, serta Tembakau.

Secara bulanan, perdagangan eceran berkembang 9,9% (mtm) didorong khususnya oleh Subkelompok Sandang disertai Peralatan Data kemudian Komunikasi, Suku Cadang serta Aksesori, juga Makanan, Minuman, kemudian Tembakau sejalan dengan peningkatan kegiatan publik ketika bulan Ramadan, persiapan HBKN Idulfitri, kemudian inisiatif potongan harga.

Dari sisi harga, tekanan naiknya harga pada Juni juga September 2024 diprakirakan menurun, tecermin dari Angka Ekspektasi Harga Umum (IEH) Juni kemudian September 2024 yang masing-masing tercatat sebesar 140,1 lalu 134,5, lebih besar rendah dari IEH bulan sebelumnya yang digunakan masing-masing sebesar 146,1 dan juga 136,9.