Rencana HEAL Dinilai Solusi untuk Wujudkan Nol Emisi pada Indonesia

Rencana HEAL Dinilai Solusi untuk Wujudkan Nol Emisi pada Indonesia

Infocakrawala.com – JAKARTA – Upaya Indonesia untuk mencapai nol emisi bersih pada 2060 terbuka lebar. Hal itu menyusul diluncurkannya Inisiatif Happy Energy Action Leadership (HEAL).

Program Happy Energy Action Leadership: Energy Transition, Livelihood, Systems, and Blended Finance dirilis oleh United In Diversity Foundation bersatu Rocky Mountain Institute pada dialog Global Blended Finance Alliance (GBFA) di dalam G20 Bali yang mana diselenggarakan oleh Tri Hita Karana Diskusi juga World Economic Wadah pada rangka World Water Wadah (WWF) ke-10 di dalam Bali.

Program ini bertujuan untuk mengatalisasi pembaharuan sistem yang mengubah demi masa depan energi yang digunakan membahagiakan, tangguh, kemudian berkeadilan dengan cara membekali para pelaku transisi energi baik lokal maupun global dengan kapasitas untuk mengatasi berbagai hambatan sistemik dengan menggunakan pemikiran holistik, juga cara belajar dan juga pemecahan kesulitan yang dimaksud berorientasi pada masa depan, lintas sektoral, dan juga multidisiplin.

Termasuk mengatalisasi aksi global untuk melindungi, memulihkan, lalu meregenerasi sumber daya alam dan juga lingkungan, juga mengeksplorasi ide-ide lalu solusi yang dimaksud muncul untuk pembaharuan sistem yang dimaksud menempatkan alam, masyarakat, juga aksi iklim sebagai fokus utama.

Saat programnya dimulai nanti, HEAL akan mengundang 45 pemimpin pada bidang transisi energi dari berbagai sektor – pembuat kebijakan, lembaga keuangan nasional kemudian multilateral, negara-negara donor, produsen energi, pemerintah daerah, universitas, kemudian organisasi penduduk sipil di sebuah perjalanan pembelajaran holistik yang dimaksud berlangsung selama empat bulan.

Menteri Tenaga juga Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif menyambut baik penampilan acara HEAL. Menurut Arifin, tugas untuk mewujudkan target nol emisi Indonesia menjadi semakin penting pada waktu ini, seiring dengan upaya untuk menghurangi dampak krisis iklim.

”Kita harus memverifikasi bahwa kesempatan seperti Just Energy Transition Partnership (Kemitraan Transisi Tenaga Berkeadilan) dapat dimanfaatkan untuk mencapai tujuan global menjaga suhu bumi dalam bawah 1,5 derajat celcius dalam melawan level pra lapangan usaha dan juga mewujudkan transisi energi yang tersebut adil serta merata bagi Indonesia,” katanya, Mingguan (19/5/2024).

Ini adalah tantangan yang tersebut kompleks lalu mempunyai berbagai sisi yang mana mengharuskan semua pemangku kepentingan untuk bekerja serupa untuk menciptakan solusi inovatif dalam berbagai bidang. HEAL tidaklah diragukan lagi akan membantu mempercepat upaya-upaya yang disebutkan dengan menyelaraskan upaya bersatu ini.