Salim Said di dalam Mata Idrus Marham: Perpustakaan Internasional Berjalan

Salim Said pada di Mata Idrus Marham: Perpustakaan Internasional Berjalan

Infocakrawala.com – JAKARTA – Mantan Menteri Sosial Idrus Marham mengenang almarhum Salim Said sebagai perpustakaan internasional berjalan. Idrus merupakan salah satu tokoh yang tersebut melayat ke rumah duka di tempat Jalan Redaksi, Kompleks Wartawan PWI, Cipinang, DKI Jakarta Timur, Akhir Pekan (19/5/2024).

“Jadi saya baru ketemu istri almarhum, saya menyampaikan bahwa kata kunci untuk menggambarkan bagaimana perjalanan hidup beliau adalah bahwa beliau adalah perpustakaan internasional berjalan,” ujar Idrus terhadap wartawan, Hari Minggu (19/5/2024).

Menurut Idrus, segudang ilmu yang dimiliki Salim Said tak pernah pelit dibagikan untuk semua orang yang tersebut menemuinya. “Almarhum adalah perpustakaan internasional berjalan utamanya di perspektif sejarah kebijakan pemerintah ya lalu hidup internasional itu kata kunci sebenarnya serta oleh akibat itu yang tersebut paling pokok lagi adalah beliau istikamah, konsisten pada pikiran-pikiran objektif ya sekaligus ya menjadi contoh teladan bagi kita,” sambungnya.

Dia juga sempat dititipkan instruksi kalau cara berfikir secara objektif yaitu dengan tiada mempunyai beban. Sebab, apabila mempunyai beban pemikiran yang dimaksud dihasilkan akan subjektif.

“Ya pesannya cuma satu ‘Idrus kau masih muda, instruksi saya adalah kau bicara, kau berpikir jangan pernah ada beban, dikarenakan begitu anda berpikir, Anda bersikap, ada beban pasti subjektif’,” ujarnya.

Kata Idrus, pemikiran-pemikiran yang tersebut objektif sangat butuhkan untuk mengubah negeri ini ke arah yang dimaksud lebih besar baik. Dia menegaskan, selama ini pemikiran Salim Said terus-menerus objektif dikarenakan berfikir tanpa beban.

“Bangsa (ini) butuh pikiran-pikiran objektif, rasional, juga faktual itu tak akan mungkin saja tercapai ketika orang berpikir bersikap lalu ada beban,” sambungnya.

Diketahui, Prof Salim meninggal dunia di dalam Rumah Sakit Dr Cipto Mangunkusumo (RSCM) Hari Sabtu (18/5/2024) pukul 19.33 WIB. Duta Besar Indonesia untuk Republik Ceko ini rencananya akan dimakamkan dalam TPU Tanah Kusir, Ibukota Selatan.