Bisnis  

Bapanas Beri Sinyal Kenaikan HET Beras Bakal Permanen, Ini adalah Bocorannya

Bapanas Beri Sinyal Kenaikan HET Beras Bakal Permanen, Ini adalah adalah Bocorannya

Infocakrawala.com – JAKARTA – otoritas akan menaikan Harga Eceran Tertinggi ( HET ) komoditas beras secara permanen melalui regulasi baru. Saat ini aturan HET masih pada tahap komunikasi dengan kementerian/lembaga terkait.

Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas), Arief Prasetyo Adi mengatakan, pihaknya masih berkoordinasi dengan kementerian dan juga lembaga (K/L) ihwal pembuatan aturan baru tersebut. Sehingga, HET beras pada waktu ini masih mengacu pada surat Bapanas perihal relaksasi HET beras hingga 31 Mei 2024.

“Sedang proses komunikasi antar K/L (pembuatan regulasi). Surat relaksasi sampai dengan 31 Mei 2024 (berlakunya HET beras ketika ini),” ujar Arief, Hari Senin (20/5/2024).

Dia sendiri belum dapat memverifikasi beleid baru itu kapan diterbitkan lantaran masih pada proses penggodokan. Hanya saja, ada kemungkinan pemerintah akan menaikan HET beras atau justru tetap saja identik dengan biaya ketika ini.

Sebelumnya, Bapanas mengeluarkan surat Nomor 142/TS/02.02/K/4/2024 tentang Penugasan SPHP Beras tahun 2024. Surat yang disebutkan berisi tentang kenaikan HET beras yang dimaksud diproduksi Perum Bulog sejak 1 Mei tahun ini, khususnya untuk beras yang digunakan di inisiatif stabilisasi pasokan serta nilai pangan (SPHP) alias operasi pasar.

Dari dasar hukum itu, HET beras yang mana disubsidi pemerintah naik dari Rp10.900 menjadi Rp12.500 per kilogram (kg). Harga berlaku untuk wilayah Jawa, Lampung, Sumatera Selatan, Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB), juga Sulawesi.

Lalu, HET beras Bulog pada wilayah Sumatera lainnya (kecuali Lampung kemudian Sumatera Selatan), Nusa Tenggara Timur (NTT), serta Kalimantan naik dari Rp11.300 menjadi Rp13.100. Kemudian, kenaikan HET beras di dalam Maluku lalu Papua menjadi Rp13.500 dari harga jual sebelumnya, yaitu Rp11.800.