Bisnis  

Sanksi Barat Mandul, Ekonomi Nasional Rusia Tumbuh 5,4% pada Kuartal I-2024

Sanksi Barat Mandul, Perekonomian Nasional Rusia Tumbuh 5,4% pada Kuartal I-2024

Infocakrawala.com – JAKARTA – Badan statistik negara Rusia, Rosstat di laporan pendahuluannya menyebutkan, produk-produk domestik bruto (PDB) negara itu bertambah kuat sebesar 5,4% (year on year/yoy) pada kuartal pertama tahun 2024. Capaian itu berjauhan di area melawan peningkatan sektor ekonomi Amerika Serikat (AS) pada kuartal I-2024 yang belaka sebesar 1,6%.

Melansir Russia Today, Mingguan (19/5/2024), Rosstat memperkirakan Rusia mengalami peningkatan yang tersebut kuat di hasil penjualan ritel (naik 10,5%), manufaktur (naik 8,8%) lalu proses pembuatan (3,5%) pada bulan Januari-Maret 2024. Fakta Rosstat sejalan dengan perkiraan sebelumnya dari Kementerian Perekonomian, namun melebihi perkiraan Bank Rusia yang digunakan memprediksi pertumbuhan 4,6% juga ekspektasi analis sebesar 5,3%.

Badan yang disebutkan akan mempublikasikan data Pendapatan Domestik Bruto Rusia yang tersebut lebih tinggi terinci pada pertengahan Juni mendatang. Menurut perkiraan sebelumnya dari Bank Rusia, pertumbuhan Ekonomi Nasional diperkirakan akan melambat pada kuartal kedua dikarenakan pengetatan kondisi fiskal. Namun, regulator memperkirakan permintaan konsumen kemudian pembangunan ekonomi akan masih tinggi kemudian terus mengupayakan pertumbuhan ekonomi.

Data positif ini mengemuka dalam berada dalam terpaan bertubi-tubi sanksi Barat yang tersebut diberlakukan sejak dimulainya operasi militer Rusia di tempat negara Ukraina pada Februari 2022. Sanksi yang disebutkan berkisar dari memasukkan sebagian besar bank Rusia ke di daftar hitam kemudian memotong sistem instruksi antarbank SWIFT, hingga membekukan cadangan devisa Rusia senilai USD300 miliar.

Akibatnya, Produk Domestik Bruto Rusia mengalami penurunan pada tahun 2022, terkontraksi 1,2%. Namun data tahun 2023 menunjukkan perekonomian negara itu pulih dan juga mencatatkan perkembangan sebesar 3,6%. Banyak analis yang mana mengaitkan kinerja ini dengan poros perdagangan Rusia ke Timur, serta kebijakan perekonomian yang dimaksud diterapkan untuk mengimbangi dampak pembatasan.

Pada bulan April, Dana Moneter Internasional (IMF) memperkirakan perekonomian Rusia akan meningkat tambahan cepat dibandingkan semua negara maju pada tahun 2024. Pendapatan Domestik Bruto diperkirakan akan meningkat sebesar 3,2%, melebihi tingkat peningkatan yang tersebut diharapkan di tempat Negeri Paman Sam (2,7%), Inggris (0,5%), Jerman (0,2%) kemudian Perancis (0,7%).

Menteri Keuangan Rusia Anton Siluanov sebelumnya memperkirakan peningkatan Pendapatan Domestik Bruto pada tahun 2024 akan sebanding dengan tahun lalu, sementara Bank Rusia lebih banyak berhati-hati pada prediksinya, memperkirakan peningkatan sebesar 2,5-3,5%.