5 Penyakit Serius dengan Ciri Sakit Kepala, Salah Satunya Stroke

5 Penyakit Serius dengan Ciri Sakit Kepala, Salah Satunya Stroke

Infocakrawala.com – JAKARTA – Sakit kepala hampir pernah dialami oleh semua orang. Sakit kepala sanggup terasa ringan dan juga cepat berlalu, atau bahkan sangat parah dan juga berlarut-larut.

Beda gejala sakit kepala yang mana Anda rasakan kemungkinan besar dipengaruhi oleh jenis kemudian penyulut yang tersebut tidak ada sama. Bahkan, sakit kepala juga bisa saja menjadi salah satu gejala penyakit berbahaya. Apa cuma itu?

Berikut di dalam antaranya, dilansir dari berbagai sumber, Hari Minggu (19/5/2024).

1. Dehidrasi

Dehidrasi atau kurang cairan di tubuh sanggup menyebabkan seseorang mengalami sakit kepala. Sebagian besar tubuh manusia terdiri dari air, sehingga mencukupi asupan air pada tubuh adalah hal yang dimaksud harus dilakukan.

Saat tubuh kekurangan cairan, otak akan mengalami kontraksi dan juga memicu sakit kepala yang dimaksud tidak ada tertahankan.

2. Gangguan Pembuluh Darah

Salah satu pemicu sakit kepala adalah penggumpalan darah pada otak. Selain itu, sakit kepala juga mampu hanya merupakan tanda telah terjadi terjadinya pembengkakan pembuluh darah.

Kondisi ini biasanya tiada ditandai dengan gejala tertentu, tetapi terkadang bisa jadi memicu sakit kepala yang mana mampu sangat mengganggu.

3. Tekanan Darah Tinggi

Sakit kepala akibat darah tinggi biasanya terjadi pada waktu tekanan darah mencapai lebih tinggi atau identik dengan 180/120 mmHg. Kondisi ini merupakan tanda hipertensi maligna atau krisis hipertensi.

Biasanya, tekanan darah yang mana sudah ada mencapai lebih banyak dari 180/120 mmHg akan mulai merusak sejumlah organ pada di tubuh, bahkan berisiko memproduksi terjadinya pembuluh darah. Salah satu yang mana biasanya terdampak adalah pembuluh darah pada otak.

Ciri lain dari sakit kepala akibat tekanan darah tinggi adalah adanya nyeri disertai denyutan pada satu sisi kepala. Kondisi ini mirip dengan migrain. Dalam beberapa kasus, ciri-ciri sakit kepala akibat darah tinggi juga bisa saja dalam bentuk denyutan di area seluruh bagian kepala.

4. Meningitis

Sakit kepala yang dimaksud terjadi hampir setiap hari serta terasa semakin parah harus diwaspadai. Sebab, bisa jadi jadi itu adalah gejala penyakit meningitis.

Kondisi yang dimaksud merupakan sebuah penyakit yang tersebut disebabkan oleh infeksi virus yang mana menyerang selaput otak juga tulang belakang. Kondisi ini menyebabkan seseorang mengalami sakit kepala yang tersebut muncul setiap hari.

Selain sakit kepala, kondisi ini juga dapat disertai dengan gejala merupakan demam, kaku leher, lalu perasaan yang dimaksud bukan enak.

5. Stroke

Sakit kepala hebat yang dimaksud belum pernah dirasakan sebelumnya menjadi tanda timbulnya penyakit stroke. Rasa pusing sebagai gejala stroke disertai dengan tremor hingga sempoyongan. Simptom ini dipicu oleh gangguan keseimbangan pada tubuh sehingga terasa berputar juga pergerakan sulit dikoordinasi.