kenali tanda dan juga kiat untuk mengatasi kelelahan sebagai “Caregiver”

kenali tanda lalu juga kiat untuk mengatasi kelelahan sebagai “Caregiver”

InfoCakrawala.com – Jakarta – Dampak dari perjalanan diagnosis kemudian pengobatan kanker dapat meninggalkan kesan yang dimaksud tak terhapuskan pada para penyintas serta orang-orang yang dimaksud dimaksud merekan kasihi terutama pengasuh (care giver).

Dalam proses pengasuhan, para pengasuh sering kali mengabaikan kesehatan fisik serta mental merekan sendiri yang tersebut yang akhirnya menyebabkan kelelahan pengasuh.

"Kelelahan yang digunakan mana dialami perawat dapat terwujud dalam berbagai cara, dengan beberapa tanda peringatan umum adalah kelelahan kronis, yang mana melibatkan perasaan terkuras terus-menerus, baik secara fisik maupun emosional," ucap Samara Mahindra, CEO serta Pendiri CARER yang digunakan itu dikutip dari laman Hindustan Times, Selasa (5/12) waktu setempat.

Mahindra juga mengungkap tanda lain seperti mudah tersinggung kemudian perubahan suasana hati, pada dalam mana pengasuh menjadi mudah frustrasi atau cemas akibat tekanan tanggung jawab mereka.

Penarikan diri dari aktivitas sosial lalu pertemanan juga merupakan tanda yang tersebut dimaksud memprihatinkan, lantaran pengasuh mungkin mengasingkan diri. Gangguan tidur sering dialami, dengan kesulitan untuk tertidur atau tetap tertidur.

Terakhir, mengabaikan kesehatan diri sendiri dapat menjadi indikator kelelahan yang tersebut hal tersebut signifikan, akibat perawat mungkin melewatkan waktu makan, melewatkan janji temu, atau lupa meminum obat yang mana diresepkan, sehingga memprioritaskan perawatan orang yang digunakan digunakan diidolakan dalam dalam atas kesejahteraannya sendiri.

"Tanda-tanda ini berfungsi sebagai isyarat penting bagi pengasuh untuk mengenali kapan merekan perlu mengambil langkah-langkah untuk mencegah kelelahan kemudian memprioritaskan perawatan diri," tambah Mahindra.

Menurut Mahindra, mengatasi kelelahan pengasuh memerlukan pendekatan multifaset untuk melakukan konfirmasi kesejahteraan pengasuh lalu kualitas layanan yang tersebut mana diberikan kepada orang yang mana dimaksud merek itu cintai.

“Salah satu langkah penting adalah mencari bantuan profesional dengan berkonsultasi dengan psikolog atau terapis. Para profesional ini dapat membantu memproses emosi berlebihan yang dimaksud terkait dengan kelelahan juga menawarkan strategi praktis untuk mengatasinya secara efektif," saran Mahindra.

Membangun sistem pendukung juga sejenis pentingnya. Jangan ragu untuk menghubungi teman kemudian keluarga untuk mendapatkan bantuan. Mengalihdayakan tugas-tugas rumah tangga yang tersebut mana dapat dikelola oleh orang lain dapat meringankan sebagian beban pengasuhan.

Selain itu, jika memungkinkan, pertimbangkan untuk mempekerjakan perawat atau pengasuh profesional untuk memberikan rehat pada diri sendiri.

"Menjauh dari tanggung jawab mengasuh anak, meskipun belaka beberapa jam atau hari, dapat memberikan tenaga yang dimaksud sangat dibutuhkan. Bersosialisasi dengan teman atau melakukan liburan singkat dapat membantu memulihkan kesehatan fisik lalu juga mental Anda. Selain itu, membekali diri Anda dengan informasi yang mana mana tepat adalah hal yang digunakan digunakan memberdayakan," katanya.

Mempelajari kondisi medis orang yang dimaksud dikasihi lalu juga pilihan pengobatan yang dimaksud tersedia dapat meningkatkan kepercayaan diri Anda serta mengurangi kecemasan, sehingga tugas merawat menjadi lebih tinggi lanjut mudah ditangani. Dengan menerapkan strategi ini, para pengasuh dapat mengatasi tantangan peran merek dengan lebih tinggi banyak baik sambil menjaga kesehatan kemudian ketahanan mereka itu itu sendiri.

Sementara Dr Mansi Khanderia menyarankan untuk menetapkan rutinitas sehari-hari, menjaga jadwal makan lalu tidur yang mana mana teratur, kemudian memasukkan olahraga ke dalam kehidupan mereka.

Berlatih Yoga serta menjaga kebiasaan makan juga juga tidur yang digunakan sehat dapat berkontribusi secara signifikan terhadap kesejahteraan secara keseluruhan

Pengasuh harus memprioritaskan rasa kasihan pada diri sendiri serta juga menetapkan tujuan yang digunakan realistis untuk diri dia sendiri. Mendorong merekan untuk mencari bantuan ketika keadaan menjadi sangat berat sangatlah penting.

(Sumber: AntaraNews)