Bisnis  

Bekerjasama Mengoptimalkan Akses Air Minum Layak kemudian Berkualitas

Bekerjasama Mengoptimalkan Akses Air Minum Layak kemudian Berkualitas

Infocakrawala.com – JAKARTA – Menjamin ketersediaan dan juga pengelolaan air bersih juga sanitasi yang digunakan berkelanjutan bagi seluruh warga merupakan salah satu aspek kunci di Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Sejalan dengan itu, pemerintah Indonesia sudah menetapkan target 100% akses air minum layak di area Indonesia pada 2020-2024,1 dan juga 15% air minum aman pada Rencana Jangka Panjang Menengah Nasional (RPJMN).

Sebagai salah satu mitra strategis pemerintah Indonesia, Danone Indonesia berjanji untuk menyokong upaya pemerintah Indonesia di menangani permasalahan air, termasuk meraih target RPJMN. Kali ini, Danone Indonesia mewujudkan komitmennya dengan memperkuat Kementerian Pekerjaan Umum kemudian Perumahan Rakyat (PUPR) menyelenggarakan World Water Wadah ke-10 yang tersebut berlangsung di tempat Bali pada 18-25 Mei 2024.

Staf Ahli V Kementerian PUPR, Endra S. Atmawidjaja, pada acara jumpa pers dengan Danone Indonesia dalam sela-sela penyelenggaraan World Water Pertemuan ke-10 mengatakan, akses terhadap air minum yang dimaksud layak telah terjadi mencapai 91%, dengan akses air minum aman sebesar 11,8%.

“Pemerintah Indonesia bertekad untuk meyakinkan bahwa air minum yang digunakan aman dapat diakses oleh warga di area seluruh Indonesia. Oleh lantaran itu, kolaborasi antara pemerintah lalu seluruh pihak, khususnya swasta, menjadi sangat penting untuk menanggulangi permasalahan air dan juga mempercepat capaian target terkait ketersediaan air minum layak kemudian aman,” ujar Endra pada keterangan resminya, Hari Jumat (24/5/2024).

Endra menambahkan Kementerian PUPR sangat mengapresiasi serta menyokong komitmen Danone Indonesia pada menggalang upaya pemerintah meningkatkan akses air minum layak juga berkualitas.

“Kami berharap partisipasi swasta untuk membantu menanggulangi permasalahan krisis air dapat terus ditingkatkan sehingga pemerintah dapat memperluas akses air minum yang digunakan layak sekaligus meningkatkan kebugaran dan juga kesejahteraan masyarakat. Hal ini juga menjadi target yang mana tercantum di Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), yaitu menjamin bahwa publik miliki akses universal terhadap air bersih lalu sanitasi,” ujar dia.

Memiliki komitmen panjang pada membantu upaya pemerintah menangani permasalahan air, Danone Indonesia terlibat bergerak pada kompetisi World Water Diskusi 2024. Selama World Water Pertemuan 2024 berlangsung, Danone terlibat sebagai pembicara pada sebagian pertemuan High Level Panel, pembukaan tematik kemudian diskusi di dalam beberapa jumlah paviliun negara partisipan pameran World Water Diskusi 2024, terkait solusi penanggulangan permasalahan air.

Danone juga membuka sarana edukasi mengenai pentingnya pengelolaan sumber daya air di tempat salah satu area pameran World Water Diskusi 2024 juga memenuhi keinginan hidrasi para peserta, delegasi dan juga perwakilan negara selama acara berlangsung.

“Keterlibatan Danone Indonesia di acara World Water Diskusi ke-10 di tempat Indonesia menegaskan tekad perusahaan di membantu pemerintah untuk mengatasi permasalahan air,” terang VP General Secretary Danone Indonesia Vera Galuh Sugijanto.

“Danone Indonesia mengamati World Water Wadah sebagai kesempatan penting untuk memulai pembangunan kemitraan di dalam berbagai sektor untuk secara berpartisipasi mengatasi permasalahan air global melalui inisiatif serta inisiatif kolaboratif,” imbuhnya.