Bisnis  

Komisi IV DPR Berkumpul Parlemen Swedia, Bahas Proyek Pangan hingga Lingkungan Hidup

Komisi IV DPR Berkumpul Parlemen Swedia, Bahas Proyek Pangan hingga Lingkungan Hidup

Infocakrawala.com – JAKARTA – Rombongan Komisi IV DPR RI yang dipimpin Budhy Setyawan juga Budisatrio Djiwandono melakukan kunjungan kerja ke Swedia. Dalam kunjungan yang dimaksud dilaksanakan sejak 18 Mei 2024 itu turut diadakan pembahasan mengenai inisiatif yang tersebut dijalanlan otoritas Swedia seperti pangan, pertanian, perikanan, kelautan hingga lingkungan hidup.

Pada kegiatan itu, rombongan dengan Parlemen Swedia meninjau Fish and Seafood market dalam Arsta. Lalu dilanjutkan dengan kunjungan ke peternakan juga perkebunan di tempat Bona Munso. Selanjutnya melakukan konferensi dengan The Committee on Environment and Agriculture di tempat Stockholm.

Ketua Delegasi Komisi IV DPR RI Budhy Setiawan menyebutkan peninjauan ke lingkungan ekonomi ikan/ Fish and Seafood market bertujuan untuk menguatkan hubungan bilateral antara Indonesia juga Swedia.

“Negara Kerajaan Swedia ketika ini konsumsi ikannya masih bergantung pada komoditas perikanan impor kemudian menjadi kesempatan besar bagi Indonesia untuk mengekspor komoditas ikannya ke Negara Kerajaan Swedia,” ujar beliau di siaran pers, Hari Jumat (25/5/2024).

Dia menyatakan Pasar Negara Swedia merupakan pangsa yang tersebut sangat penting lantaran dapat berpeluang besar bagi Indonesia untuk dapat masuk ke di perdagangan bursa ikan negara Eropa lainnya.

“Kerja mirip pada bidang perikanan ini dapat menjadi jembatan antara Indonesia juga Swedia di mempererat hubungan bilateralnya,” kata dia.

Sementara, di kunjungan ke Peternakan lalu Perkebunan di area Bona Gard, Delegasi Komisi IV DPR RI bersama-sama dengan Kedubes RI yang tersebut bertempat di dalam Swedia melakukan konferensi dengan peternak guna mempelajari pelaksanaan pertanian terpadu dimana limbah peternakan dan juga pertanian dapat dimanfaatkan kembali untuk pupuk organik serta materi baku energi lainnya.

Budhy mengungkapkan Indonesia dapat mempelajari sistem efisiensi peternakan yang digunakan dilaksanakan oleh peternak Swedia sehingga dapat menghasilkan kembali produksi susu 70 liter setiap ekornya dan juga dapat menekan impor susu yang digunakan hingga ketika ini masih dilaksanakan oleh Indonesia.

Delegasi Komisi IV DPR RI juga melakukan rapat dan juga rapat yang dimaksud dipimpin oleh Mr Adam Reuterskiöld (Chairman of the Sweden-Indonesia Interparliamentary Friendship Relations) lalu anggota The Committee on Environment and Agriculture, yaitu Mr Kenneth G Forslund, MsEmma Nohrén, Mr John Widegren, Ms Helena Storckenfeldt, Ms Stina Larsson, dan juga Ms Elin Nilsson.