Bisnis  

Dukung Pengurangan Emisi, Paiton Energy Hadirkan PLTS Atap pada SMKN 54 DKI Jakarta

Dukung Pengurangan Emisi, Paiton Energy Hadirkan PLTS Atap pada SMKN 54 DKI Ibukota Indonesia

Infocakrawala.com – JAKARTA – Sebagai upaya untuk terus mengedukasi penduduk mengenai energi terbarukan, PT Paiton Energy (PE) menghadirkan Pembangkit Listrik Tenaga Surya atau PLTS Atap pada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 54 Jakarta. Inisiatif juga untuk turut membantu kegiatan pemerintah RI menurunkan emisi karbon melalui sektor energi.

PE menghadirkan energi sangat minim karbon yang ramah lingkungan yang disebutkan dalam bentuk Solar PV (Photovoltaic) di area SMKN 54 DKI Jakarta di bentuk 20 unit PLTS Atap dengan kapasitas 10 kWp. Peresmian penyelenggaraan PLTS Atap SMKN 54 dilakukan pada Selasa (21/5).

Acara yang disebutkan dihadiri oleh Wakil Kepala Dinas Pendidikan Daerah Khusus Jakarta, Purwosusilo, Head of External Relations PT Paiton Energy, Bambang Jiwantoro, serta Kepala Sekolah SMKN 54 Jakarta, Hamidah Nasir.

PE mendirikan PLTS Atap pada SMKN 54 DKI Jakarta sebagai bagian dari upaya Organisasi turut menyokong inisiatif pemerintah RI meningkatkan pemanfaatan energi terbarukan juga menurunkan emisi karbon. Juga menggalang Rencana otoritas Daerah Khusus Ibukota untuk Pembentukan Sekolah Net Zero Carbon yang digunakan merupakan bagian dari menggalang Ibukota Indonesia mencapai target Pusat Kota Nol Emisi Karbon (Net Zero Emission) pada 2050.

Program pengembangan ini dinamakan Solar School PV. PLTS Atap yang dimaksud mampu menyediakan listrik hingga sebesar 10 kW yang mana dapat digunakan untuk keperluan sehari-hari dalam SMKN 54 Jakarta. Selain itu, setiap bulan PLTS ini mampu mereduksi emisi CO2 sebesar 0,68 ton, lalu setara dengan menyetorkan satu pohon.

Presiden Direktur PT Paiton Energy, Fazil Erwin Alfitri mengatakan, Solar School PV merupakan acara Tanggung Jawab Sosial dan juga Lingkungan (TJSL) Perusahaan sebagai bentuk implementasi konsep Environmental, Sosial, and Governance (ESG). Juga sebagai kontribusi Paiton Energy untuk mengupayakan pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs).

“Perusahaan percaya bahwa lembaga pendidikan dan juga lingkungan yang digunakan sehat merupakan fondasi yang mana penting bagi penyelenggaraan berkelanjutan,” kata Fazil Erwin Alfitri.

Menurut Head of External Relations PT Paiton Energy Bambang Jiwantoro, penampilan PLTS Atap di dalam SMKN 54 diharapkan dapat memotivasi siswa lalu sekolah untuk terlibat bergerak di upaya pemanfaatan energi baru terbarukan (EBT) lalu kelestarian lingkungan, juga terlibat pada pengurangan emisi karbon yang tersebut memicu terjadinya inovasi iklim.