Mampu Angkut 11 Orang, Hal ini Alasan Kia Tak Bawa Carnival Varian Hybrid

Mampu Angkut 11 Orang, Hal ini Alasan Kia Tak Bawa Carnival Varian Hybrid

Infocakrawala.com – JAKARTA – The New Kia Carnival resmi mengaspal di area Indonesia, dengan beberapa jumlah penyegaran. Kendaraan ini merupakan generasi keempat pasca pertama kali diperkenalkan dalam Tanah Air pada turnamen GIIAS 2021 silam.

Mobil MPV Premium yang dimaksud dapat mengangkut hingga 11 orang ini sebelumnya telah diresmikan secara global di dalam Korea Selatan dengan pilihan mesin hybrid. Tapi, PT Kreta Indo Artha (Kia) memilih tak menyebabkan varian tesebut kemudian mempertahankan mesin diesel berkapasitas 2.200 cc.

Marketing & Development Division Head PT Kreta Indo Artha Ario Soerjo mengungkapkan ada beberapa orang alasan yang mana menyebabkan pihaknya belum menghadirkan Carnival versi hybrid. Salah satunya adalah ketahanan mesin diesel juga konsumsi materi bakar yang tersebut efisien.

“Kenapa diesel? Sekarang kita lihat mesin diesel terbukti tangguh dan juga irit, lalu salah satu mesin diesel terhalus di area Indonesia. Selain itu, dengan Kia Carnival diesel nilai yang ditawarkan tidaklah terlalu jauh, bisa saja jadi alternatif menarik untuk konsumen. Karena memang benar kita coba tahan nilai pada bawah Rp1 miliar,” kata Ario terhadap wartawan di area Ibukota Indonesia Selatan, Rabu (29/5/2025).

Mampu Angkut 11 Orang, Ini adalah Alasan Kia Tak Bawa Carnival Varian Hybrid

Soal dapur pacu, The New Kia Carnival masih menggunakan mesin dengan konfigurasi yang dimaksud mirip seperti sebelumnya. Mobil ini menggunakan mesin Diesel Smartstream Engine D berkapasitas 2.200 cc CRDi yang dimaksud mampu menciptakan tenaga 194 PS lalu torsi puncak 441 Nm yang disalurkan ke roda depan melalui transmisi otomatis 8-percepatan.

Ario menjelaskan regulasi di tempat Indonesia masih belum terlalu menggalang untuk varian kendaraan selain diesel serta bensin. Namun, tak menghentikan kemungkinan apabila nantinya Kia Indonesia jual varian hybrid, ini disesuaikan dengan permintaan bursa pada Tanah Air.

Baca Juga: Pintu Geser Tak Terkunci Sempurna, Kia Recall 2.956 Unit Carnival

“Regulasi kita masih belum terlalu mengupayakan untuk varian-varian selain diesel atau bensin. Namun, kita setiap saat pelajari, bukan menghentikan kemungkinan untuk varian lain, tapi untuk ketika ini fokus diesel 2.200 cc yang dimaksud telah terbukti,” ujarnya.

The New Kia Carnival ditawarkan dalan tiga varian, yakni Premiere 7-seater dibanderol Rp1.155.000.000, Premiere 11-seater dijual Rp998.000.000, Dynamic 11-seater ditawarkan dengan nilai tukar Rp960.000.000. Seluruh nilai tukar yang disebutkan berstatus on the road (OTR) Jakarta.