Bisnis  

Tinjau Fasilitas Pipa Gas Cisem, Dirtekling Migas Tekankan Aspek Security di Acara Migas

Tinjau Fasilitas Pipa Gas Cisem, Dirtekling Migas Tekankan Aspek Security di tempat Acara Migas

Infocakrawala.com – SEMARANG – Direktur Teknik juga Lingkungan Minyak dan juga Gas Bumi (Migas) Kementerian Daya lalu Narasumber Daya Mineral (ESDM) Noor Arifin Mohammad mengungkapkan bahwa aspek keamanan di sektor migas menjadi hal utama yang tersebut harus diperhatikan oleh seluruh pelaku bidang usaha migas.

“Semua aspek keamanan harus dilaksanakan, mulai dari taraf riset, operasi, hingga monitoring. Kita harus terus-menerus cek lalu ricek, juga memonitoring secara terus menerus,” kata beliau ketika melakukan management walkthrough di area Onshore Receiving Facility (ORF) di tempat Semarang, Jawa Tengah, Hari Jumat (31/5/2024).

Noor mengatakan, pada operasional bidang migas harus mempersiapkan mitigasi lantaran ada keadaan-keadaan tertentu yang dimaksud tidak ada dapat dihindari. Selain itu, sektor migas adalah lapangan usaha yang tersebut miliki toleransi ketat terkait safety. Salah satu proyek migas yang telah terjadi menjalankan standar keamanan yang dimaksud baik adalah sarana penerimaan gas ORF.

“Kita sangat bersyukur kemudian bangga, tadi kita lihat di area ORF Cirebon – Semarang (Cisem) I berjalan cukup baik,” katanya.

Pada kesempatan yang tersebut sama, Direktur Utama Pertamina Gas Gamal Imam Santoso menuturkan bahwa Pertamina Gas selaku operator pada pengoperasian pipa gas Cisem tahap I telah terjadi menjalankan standar operasi yang digunakan ada.

“Kita sebagai operator harus menjalankan pedoman yang mana telah terjadi ditetapkan terkait keamanan kemudian keselamatan sesuai dengan peraturan yang berlaku,” ujarnya.

Lebih lanjut, Gamal menjelaskan bahwa pada waktu ini Pertamina Gas telah siap menyalurkan gas untuk end user, mengingat beberapa hari yang digunakan lalu Lapangan Gas Jambaran Tiung Biru sudah ada melakukan commisioning 100 persen, sehingga produksi gas telah full capacity sebesar 192 jt MMSCFD.

Gamal berharap, kunjungan manajemen walkthrough ini akan membantu di pengoperasian penyaluran gas terhadap warga lalu industri.

“Kami siap menerima input di memberikan pelayanan tambahan baik pada mengoperasikan dan juga sisi teknis operasi akan berjalan dengan baik kemudian sesuai dengan apa yang mana kita harapkan ke depannya,” tuturnya.