Profil Jaksa Agung ST Burhanuddin, Siapa Penggantinya?

Profil Jaksa Agung ST Burhanuddin, Siapa Penggantinya?

Infocakrawala.com – JAKARTA – Profil Jaksa Agung ST Burhanuddin yang tersebut diulas di artikel ini menarik untuk diketahui. Pemilik nama lengkap Sanitiar Burhanuddin ini dilantik sebagai Jaksa Agung pengganti HM Prasetyo pada Rabu (23/10/2019).

Pelantikannya dilaksanakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di tempat Istana Merdeka, Ibukota Pusat bersamaan dengan pelantikan menteri-menteri kabinet Indonesia Maju. Dia menempuh lembaga pendidikan S1 dalam Universitas 17 Agustus di dalam Semarang.

Kemudian, S2 di dalam Sekolah Tinggi Manajemen Labora dalam DKI DKI Jakarta juga S3 pada Universitas Satyagama di tempat DKI Jakarta. Pria kelahiran Cirebon, 17 Juli 1954 ini mengikuti sekolah pembentukan jaksa pada 1991.

Berbagai jabatan strategis dalam Korps Adhyaksa pernah diembannya, salah satunya menjabat sebagai Kajari Bangko Jambi pada 1999. Selain itu, Aspidum Kejati Jambi, Aspidsus Kejati NAD, Kajari Cilacap, Aswas Kejati Jawa Barat, dan juga Wakajati NAD.

Kariernya pun makin cemerlang. Dia dipromosikan menjadi Direktur Eksekusi serta Eksaminasi Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) pada 2007.

Kemudian, adik dari anggota Komisi I DPR Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Tubagus (TB) Hasanuddin ini pun pernah mendapatkan penghargaan Satyalancana Karya Satya XX dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada 2007.

Profil Jaksa Agung ST Burhanuddin, Siapa Penggantinya?

Foto/Dok Kejagung